3 Hidangan Thailand Utara yang Pedas & Lezat

blog image

1. Khanom Cheen Nam Yoi di Phrae

Di distrik Long Phrae, ada pasta cabai kering pedas yang dikenal sebagai Nam Prik Nam Yoi. Hidangan ini dibuat dengan cabai, bawang putih, dan bawang merah yang dipanggang. Rasa gurihnya banyak disukai sehingga sambalnya telah dimodifikasi menjadi banyak hidangan baru, salah satunya Kanom Cheen (bihun) dengan Nam Prik Nam Yoi yang biasanya disajikan dengan kaldu babi bening. Sangat lezat!

2. Khanom Cheen Nam Yoi di Phrae

Ah Kha adalah suku yang menetap di perbukitan bagian Utara Thailand. Masakan mereka sebagian besar bahannya dipetik dari halaman belakang tempat tinggal mereka. Hidangan populer mereka adalah pasta cabai Ah Kha yang terbuat dari tomat asam, cabai, ketumbar, dan daun bawang. Perpaduan rasa pedas dan gurihnya sangat pas di lidah.

3. Larb Moo Ma-Khwaen di Nan

'Ma-Khwaen' atau Zanthoxylum limonella Alston adalah bumbu khas Thailand Utara yang sangat mirip dengan merica Sichuan. Sifat aromatik dari lada membuat banyak masakan Thailand bagian Utara menjadi lezat hingga membuat ketagihan. Di provinsi Nan, ada hidangan bernama 'Larb Moo Ma-Khwaen' atau salad babi cincang pedas ala Thailand dengan Ma-Khwaen panggang, bersama dengan ramuan herbal lainnya, yang berhasil menambah cita rasa hidangan unik ini.