Berkunjung ke Nakhon Sawan, Lokasi Sungai Chao Phraya Bermula

blog image

TAT, Jakarta - Nakhon Sawan adalah sebuah kota dimana sungai Ping, Wang, Yom, dan Nan bertemu hingga membentuk sungai Chao Phraya, jalur air terpenting di Thailand. Pertemuan sungai ini terjadi di bendungan Pak Nam Bohi yang bisa terlihat jelas dari perbedaan warna aliran airnya. Nan River mengalirkan air berwarna merah, sedangkan Ping River berwarna biru kehijauan.

Fenomena ini semakin menggambarkan betapa pentingnya air sebagai bagian dari Nakhon Sawan, yang kini dianggap sebagai "Gerbang Pintu Utara" dan pusat transportasi untuk bagian Utara Bawah kerajaan. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berjalan-jalan di atas air dengan perahu sambil melihat pemandangan indah di sepanjang sungai.

1. Dechatiwong Bridge

Jembatan ini dibangun pada tahun 1942 saat Perang Dunia ke-II, dan diberikan nama 'Dechatiwong Bridge' oleh Mayor Mom Krom Luang Dechatiwong, orang yang bertanggung jawab atas pengerjaan jalan raya Thailand selama masa konstruksi.

Dechatiwong Bridge saat ini menjadi salah satu jembatan terpenting di Thailand yang menghubungkan Central Plains Thailand dengan bagian utara.

2. Bueng Boraphet

Bueng Boraphet adalah rawa air tawar dan danau terbesar di Thailand tengah. Di sini Anda bisa melihat bangunan berbentuk perahu, yang merupakan akuarium besar dengan lebih dari 100 jenis ikan dan terowongan sepanjang 105 meter, didedikasikan untuk Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej The Great.

Apabila masih belum puas, Anda juga bisa mengunjungi terowongan lain sepanjang 24 meter yang menampung banyak ikan langka (seperti hiu sirip merah). Anak-anak bisa bermain di kolam renang sentuh yang memungkinkan mereka untuk melihat hewan laut lebih dekat.

3. Pasan

Pasan dirancang sebagai simbol pertemuan empat sungai, yakni Ping, Wang, Yom, dan Nan. Kata "Pasan" berasal dari kata Thailand yang berarti "untuk bergabung", sehingga merupakan istilah sempurna untuk menggambarkan pertemuan antar sungai maupun orang-orang yang berkunjung ke sini.

4. Khao Tham Phra

Ingin melihat stalaktit dan stalagmit yang tumbuh di langit-langit gua? Anda bisa berkunjung ke Khao Tham Phra. Di sini Anda juga bisa melihat pemandangan indah dan patung Buddha di puncak Amphoe Krok Phra.

Selama festival air tahunan Songkran, penduduk setempat menghormati patung-patung dengan memanjat 100 anak tangga ke atas bukit dengan sesaji bunga, lilin, dan dupa.

5. Tham Phet-Tham Thong National Park

Tempat ini menawarkan pemandangan hutan yang indah dan pegunungan kapur. Ada juga jalur alami dan lebih dari 70 gua batu kapur. Yang paling terkenal adalah Dawadueng Cave yang dapat menampung hingga 500 orang di dalamnya (sebelum diterapkan aturan jaga jarak minimal 1,5 meter).

Gua lain yang bisa Anda kunjungi adalah Phrakai Phet Cave yang memiliki lima kamar besar beserta stalagmit dan stalaktit dengan bentuk berbeda-beda. Ada pula Phradap Phet Cave dengan warna gua yang kontras antara cokelat gelap dan cokelat muda serta stalagmit dan stalaktit putih, yang berhasil memberikan sentuhan gemerlapnya.

Hal menarik lainnya dari Nakhon Sawan adalah masa lalunya yang bersejarah dan dapat Anda lihat dari Luangpho Dam Buddhist Monument, Khok Mai Den Ancient City, Cultural Centre of Nakhon Sawan, Wesalee Ancient City, serta reruntuhan kuil seperti Wat Nakhon Sawan, Wat Kei Chai Nhua, Wat Khao Din Tai, Wat Phra Prang Lueng, Wat Pa Siri Wattana Wisut, Wat Si Sawan Sangkharam, Wat Woranat Banphot, Wat Chom Khiri Nak Phrot, Wat Kho Hong, Wat Bang Mafo, Wat Kriangkrai Klang, dan Wat Tham Porn Sawa.