Pai dan Mae Hon Son, Desa Kecil yang Tersembunyi di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Pai dan Mae Hong Son merupakan salah satu lokasi tersembunyi yang menyimpan banyak daya tarik, terutama bagi Anda pencinta alam yang suka berpetualang. Jika Anda ingin ke sini, sebaiknya datang saat musim dingin di bulan Oktober hingga Februari. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan pegunungan sejuk nan segar.

Pai berada di Utara Thailand, berjarak 3 jam dari Chiang Mai. Sementara Mae Hong Son berjarak 2 jam dari Pai. Untuk sampai ke lokasi, Anda dapat menyewa mobil dengan sopir (harga sekitar 3771) atau tanpa sopir (mulai dari 1114 Baht per hari). Berikut beberapa destinasi yang bisa Anda kunjungi selama di Pai dan Mae Hong Son:

1. Khun Yuam Sunflower Fields

Tiket : Gratis

Alamat : Mae U Kho, Distrik Khun Yuam, Mae Hong Son, Thailand

Kontak : +66 85 867 4464

Pada musim dingin, bunga matahari akan bermekaran. Sangat indah!

2. Santichon Village

Tiket : Gratis

Alamat : Wiang Tai, Distrik Pai, Mae Hong Son 58130, Thailand

Santichon Village adalah desa Cina yang mirip kastil, dibangun selama perang dunia kedua. Ini merupakan rumah bagi campuran orang-orang suku pegunungan dan imigran Yunnan.

3. Baan Rak Thai (Mae Aw Village)

Tiket : Gratis

Alamat : Mok Cham Pae, Distrik Mueang Mae Hong Son, Mae Hong Son 58000, Thailand

Desa ini memiliki suasana dongeng Tiongkok yang unik dengan pondok kuning, perkebunan teh, dan latar pegunungan. Di sini Anda bisa menikmati teh sambil melihat pemandangan tepi danau.

4. Phu Klon Country Club

Harga : Mulai dari 200 Baht untuk biaya masuk dan masker wajah sederhana, atau 1.500 Baht untuk perawatan lengkap

Alamat : Mok Cham Pae, Distrik Mueang Mae Hong Son, Mae Hong Son 58000, Thailand

Kontak : +66 53282 579

Jam buka : Setiap hari dari jam 8 pagi sampai 6 sore

Di sini Anda bisa mendapatkan pengalaman mandi air panas sambil maskeran lumpur di seluruh tubuh dan melihat pemandangan sawah di sekitarnya. Sangat indah!

5. Mae Hong Son

Tiket : Dari 250 Baht

Alamat : Provinsi Mae Hong Son

Juga disebut sebagai Karen Long Neck Village, suku etnis ini terletak di utara gua Chiang Dao di perbatasan utara Thailand dan Myanmar. Orang-orang suku (dikenal sebagai Padung) awalnya adalah orang Burma, dan melarikan diri dari Myanmar dua dekade lalu selama perang saudara. Mereka diberikan suaka di Thailand utara tempat mereka tinggal hari ini.

Tradisi unik wanita Padung adalah memakai cincin emas di lehernya, yang telah berlangsung sejak 1980-an. Mereka memulai ritual ini ketika mereka masih anak-anak, dimulai dengan beberapa dering dan meningkat jumlahnya setiap tahun. Saat jumlah cincin bertambah, begitu pula beratnya, yang menurunkan bahu dan dada wanita yang memakainya. Ini menciptakan ilusi leher yang memanjang.

6. The Land Split

Tiket : Gratis

Alamat : Thung Yao, Distrik Pai, Mae Hong Son, Thailand

Jam buka : Setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore

Suatu hari di tahun 2008, seorang petani terbangun dan menemukan celah besar yang mengalir melalui pusat tanah pertaniannya akibat dari aktivitas seismik, dan gempa susulan pada tahun 2009 dan 2011.

Kejadian tersebut membuat mereka menyadari bahwa belahan tanah tersebut sebenarnya merupakan garis patahan aktif. Namun, karena mereka tidak dapat menggunakan tanah mereka untuk bercocok tanam, pemilik memutuskan untuk mengubah situs tersebut menjadi objek wisata. Mereka menjual berbagai buah-buahan dan sayuran serta jus dan anggur buatan sendiri yang sangat lezat!

7. Tham Lot Cave

Harga : Mulai 150 Baht (untuk eksplorasi grup)

Alamat : Tham Lot, Distrik Pang Mapha, Mae Hong Son 58150, Thailand

Jam buka : Setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Gua ini berusia lebih dari 2000 tahun. Di sini tersedia rakit bambu untuk Anda yang ingin menyeberangi sungai sambil melihat kelelawar di langit-langit gua. 

8. Mo Paeng, Pam Bok, Mae Yen Waterfall

Mo Paeng Waterfall

Alamat : Mae Na Toeng, Distrik Pai, Mae Hong Son, Thailand

Pam Bok Waterfall

Alamat : Rd Tambon Thung Yao, Amphoe Pai Chang Wat Mae Hong Son 58130 Thailand

Mae Yen Waterfall

Alamat : Mae Yen Luang, District, Pai, Amphoe Pai, Chang Wat Mae Hong Son 58130, Thailand

Ketiga air terjun ini mudah ditemukan. Anda bisa menanyakan lokasi air terjun ke penduduk setempat atau menggunakan peta Google. Masuk ke area air terjun gratis!

9. Conserve Natural Forests

Harga : Sekitar 1000 Baht

Alamat : Unnamed Road, Tambon, Tambon Thung Yao, Amphoe Pai, Chang Wat Mae Hong Son 58130, Thailand

Conserve Natural Forests menawarkan perjalanan ekowisata. Di sini Anda akan bertemu dengan Kamee (gajah mereka) di habitat aslinya dan membantu mereka memberi makan pisang. Anda juga akan mendapatkan pengalaman menanam pohon di sini sebagai bagian dari proyek reboisasi.

10. Wat Tam Wua Forest Monastery

Harga : Gratis

Alamat : Huai Pha, Distrik Mueang Mae Hong Son, Mae Hong Son 58000, Thailand

Kontak : +66 81 031 3326

Buka : Setiap hari dari jam 6 pagi sampai 4 sore

Retret meditasi Buddhis ini terbuka untuk Anda yang ingin berlatih meditasi. Jika Anda sangat ingin melepaskan stres dan kekhawatiran, tempat ini cocok untuk Anda.

11. Deejai Pai

Harga : Mulai dari 313 Baht untuk satu malam

Alamat : Mae Hi, Distrik Pai, Mae Hong Son 58130, Thailand

Kontak : +66 97316 6242

Di sini Anda dapat duduk dengan nyaman sambil menyaksikan matahari terbenam di balik pegunungan. Tempat ini cocok untuk Anda yang senang berjalan-jalan ala backpacker, karena harga penginapan terjangkau dengan pemandangan alam yang indah.

Informasi dari thailand.tripcanvas.co*