Tips Mencari Makanan Halal di Bangkok

blog image

TAT, Jakarta - Bangkok adalah salah satu destinasi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Thailand. Ada banyak hal yang bisa Anda jelajahi selama di sana, termasuk makanannya yang lezat, dari makanan kaki lima hingga restoran bintang lima.

Termasuk bagi para Muslim, Anda tidak perlu bingung mencari makanan halal saat di Bangkok. Beberapa tempat yang dapat dikunjungi untuk mencari makanan halal, diantaranya: Chinatown (Yaorawat), Petchaburi Road Soi 7, Bobae Market, Sukhumvit Soi 3, Ramkhamhaeng Street, Asoke Road, dan South Charoen Krung Road. Supaya lebih tenang, berikut tips mencari makanan halal saat Anda berada di Bangkok:

- Pilih waktu yang tepat.

Sebagian besar pedagang kaki lima beroperasi dari jam 6 sore hingga 12 malam. Anda bisa membeli makanan di area dekat masjid, karena biasanya dikelilingi oleh umat Islam sehingga akan lebih mudah untuk menemukan makanan halal.

Pastikan bahwa buah, sayuran, atau makanan laut yang dijual aman dari kontaminasi bahan non-Halal.

Jika pedagang juga menjual daging babi, sebaiknya hindari sama sekali dan cari tempat yang lain.

Saat memesan makanan, jika ada pilihan, selalu pilih yang 'ringan' dalam hal kepedasan.

Sebab meskipun Anda menyukai makanan super pedas, tingkat kepedasan yang akan Anda rasakan di sini berbeda.

-  Pelajari beberapa kata dan frasa penting dalam bahasa Thailand karena tidak semua orang mengerti bahasa Inggris.

Ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan lebih jelas dan menghindari kesalahpahaman. Beberapa kata dan frasa yang perlu Anda pelajari adalah "lemak babi", "babi", "alkohol", dan apakah "apakah ini Halal?".

Lantas, makanan apa saja yang bisa dicoba selama di Bangkok?


1. Som Tam (Salad Pepaya)

Hidangan manis dan pedas ini terbuat dari pepaya hijau mentah. Meski identik dengan sayur-sayuran, makanan ini juga dapat disajikan dengan daging dan makanan laut. Kepiting cangkang lunak adalah salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan topping!


2. Khao Pad (Nasi Goreng)

Ada banyak jenis olahan nasi yang bisa Anda temukan di Thailand. Mulai dari nasi goreng ala Thai, nasi kuning, nasi kukus, hingga nasi biryani ala Thai. Semuanya lezat!


3. Pad Thai (Mi)

Anda pencinta mi? Di Bangkok, Anda bisa menemukan berbagai jenis hidangan mi, mulai dari ayam, daging sapi, seafood, dan lainnya. Bihun yang digunakan juga beragam, mulai dari bihun telur, nasi, hingga pangsit.


4. Pla Pao (Ikan Bakar)

Pla Pao adalah ikan lezat yang dipanggang dengan bawang putih, jeruk nipis, dan cabai, serta disajikan dengan saus celup. Kulit ikan bertekstur renyah sedangkan bagian dalamnya terasa lembut. Sangat lezat, apalagi dimakan ketika baru matang.


5. Hidangan Ayam

Anda dapat menemukan berbagai hidangan ayam di antara warung-warung jajanan pinggir jalan, biasanya disajikan dengan saus celup. Ayam goreng Thailand juga merupakan makanan Halal yang harus Anda coba di Bangkok.


6. Sup

Saat di Bangkok, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Tom Yum dan Thai Noodle Soup. Kedua sup ini terkenal dengan rasa khas dan kelezatannya. Buat Anda yang mencari makanan halal, makanan ini cocok untuk dicoba.


7. Mango Sticky Rice

Mango sticky rice adalah salah satu makanan penutup yang paling banyak dikenal dan menjadi favorit. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terbuat dari ketan, puding, dan mangga yang dikombinasikan dengan sempurna dan terasa lezat.

Informasi diperoleh dari halaltrip.com*