Yuk, Belajar Istilah Bahasa Thailand untuk Sehari-Hari!

blog image

Bahasa Thailand (atau disebut "Thai") merupakan bahasa yang sangat menarik! Ia memiliki sejarah yang cukup unik, dan merupakan gabungan antara beberapa bahasa lain seperti Sansekerta, Pali, dan Khmer Kuno. Sama seperti di Indonesia, Bahasa Thailand merupakan bahasa pemersatu bangsa, mengingat Thailand juga terdiri dari aneka suku yang memiliki bahasa masing-masing. Nah, untuk memudahkan kamu yang ingin berkunjung ke Negeri Seribu Pagoda, kami mempersiapkan beberapa kata dan frasa penting untuk kamu ketahui!

1. Halo! = Sawasdee khrap! / Sawasdee kha!

Penting untuk mengetahui bagaimana menyapa dengan benar! Untuk menyapa dengan ramah dalam Bahasa Thailand dengan benar, perlu memperhatikan jenis kelamin sang pembicara. Ucapan ini pun bisa disampaikan kapan saja karena tidak tergantung pada waktu ataupun umur lawan bicaranya. Mudah, kan?

Tips tambahan: Ketika menyapa orang, warga lokal Thailand biasanya menundukkan kepala sedikit dan juga menyatukan kedua tangan dengan posisi jari menghadap ke atas di depan dada. Gestur ini disebut sebagai "wai". Kalau kamu disapa dengan gestur ini, jangan lupa membalas dengan gestur yang sama, karena hal ini dianggap sebagai tanda saling menghormati!

2. Apa kabar? = Sabai dee mai?

Biasanya setelah melakukan sapaan, kamu akan mendengar kata-kata "Sabai dee mai" yang artinya sama dengan "Apa kabar?". Kamu tinggal menjawab "Sabai dee", yang berarti, "baik". Namun, kalau kamu mendengar ada yang mengatakan "mai sabai", sayangnya itu berarti ia dalam keadaan kurang baik.

3. Terima kasih! = Khap khun khrap! / Khap khun kha!

Salah satu ucapan yang akan paling sering didengar ketika di Thailand. Sama seperti menyapa orang, mengucap terima kasih tergantung pada jenis kelamin sang pembicara. Jadi, jangan sampai tertukar ya! Ketika ingin menunjukkan rasa terima kasih yang sangat mendalam, kamu juga bisa lakukan gestur "wai", sambil mengucapnya. Jangan sungkan untuk sering mengucapkan terima kasih ketika di Thailand; warga lokalnya pun sering mengungkapkannya!

4. Saya tidak mengerti! = Mai khao jai!

Walau warga negara Thailand cukup familiar dengan bahasa asing karena banyaknya turis mancanegara, terkadang ada saat kamu tidak mengerti ucapan mereka. Tidak masalah, ucap saja "Mai khao jai"!

5. Apakah kamu mengerti? = Khao jai mai?

Sebaliknya, ketika kamu ragu apakah lawan bicaramu mengerti apa yang kamu ucapkan, tinggal bilang saja "Khao jai mai"! Setidaknya pasti mereka akan mengerti kamu ketika mengucap ini.

6. Tidak masalah! = Mai pen rai!

Warga lokal Thailand terkenal cukup santai dan tenang, sehingga frasa ini seringkali diucapkan. "Mai pen rai" juga bisa diucapkan sebagai pengganti "sama-sama", ketika ada yang mengucapkan terima kasih.