background

history

Thailand's Heritage

Geography

60 Years | Tourism Authority of Thailand

Semua yang perlu anda ketahui tentang masuk, meninggalkan dan tinggal di thailand Semua yang perlu anda ketahui tentang masuk, meninggalkan dan tinggal di thailand Semua yang perlu anda ketahui tentang masuk, meninggalkan dan tinggal di thailand Semua yang perlu anda ketahui tentang masuk, meninggalkan dan tinggal di thailand.

Jika kita melihat peta Thailand, akan mirip seperti kepala gajah: kepala dan telinga membentuk provinsi utara dan timur yang terkurung daratan, dan belalainya membentang di semenanjung Malaysia antara Laut Andaman dan Teluk Thailand.Geografi Thailand memiliki banyak perbatasan alami dengan negara-negara tetangga: perbatasan pegunungan dengan Myanmar di utara dan barat; bentangan Sungai Mekong yang memisahkan Thailand dari Laos ke utara dan timur; dan Sungai Mekong dan Pegunungan Dongrak yang menjadi perbatasan dengan Kamboja di timur.


Meliputi area seluas kurang lebih 514.000 kilometer persegi, Thailand adalah negara terbesar ke 50 di dunia, hampir sama besarnya dengan Spanyol. Terletak 15 derajat di utara khatulistiwa, Thailand memiliki iklim tropis dan suhu biasanya berkisar antara 19 sampai 38 derajat C. Musim hujan sebagian besar dari bulan Oktober, dan cuaca yang lebih sejuk terjadi sekitar bulan Desember dan awal Januari. Meskipun batas geografis Thailand semuanya di daerah tropis, empat wilayah utama Thailand masing-masing berbeda secara geografis satu sama lain.

Di sepanjang perbatasan barat Thailand dengan Myanmar, pegunungan berhutan di Thailand semakin tinggi ke utara, memuncak pada gunung Doi Inthanon setinggi 2.565 meter. Puncak utara Thailand ini memiliki musim dingin yang paling menyenangkan, bahkan mencapai 0C, terutama mid Des-awal Jan. Kita bisa mendakinya dengan santai, karena jalurnya tidak terlalu berat.


Geografi timur laut Thailand, berbatasan dengan Laos di Sungai Mekong, memiliki Dataran Tinggi Khorat, yang membentang ke selatan menuju perbatasan Thailand dengan Kamboja. Wilayah Isaan di timur laut Thailand adalah wilayah terpadat di Thailand (selain Bangkok) dan memiliki sejumlah ibukota provinsi yang ramai.

Geografi tengah Thailand didominasi oleh Dataran Pusat yang dijuluki Mangkuk Nasi Asia, dilewati oleh Sungai Chao Phraya yang memberi kehidupan pada sawah dan ladang, dan kemudian memasuki ibukota Bangkok yang meriah sebelum mengalir masuk ke laut di Teluk Thailand.


Di kawasan yang berbatasan dengan semenanjung Malaysia, bentuk belalai gajah yang ramping ini memisahkan Laut Andaman dengan Teluk Thailand, dengan hiasan pantai dan pulau-pulau di sepanjang pesisir yang berlawanan. Beberapa pulau terindah ada di sini, seperti Phuket, Koh Samui dan Ko Lipe.

Selain wilayah geografis alami ini, Thailand terbagi menjadi 76 provinsi politik, dengan Bangkok sebagai ibukota politik, komersial, industri, pendidikan, dan hiburan di negara ini.