background

history

Thailand's Heritage

Nature

Thailand's Nature

Thailand adalah negara dengan sumber daya alam yang melimpah, termasuk beragam flora dan fauna, dan zona ekologis yang berbeda. Ada lebih dari 100 taman nasional Thailand, termasuk lebih dari 20 taman laut, dan setiap taman memiliki atraksi unik, fasilitas yang luar biasa, dan kesempatan untuk melihat binatang di Thailand. Mereka yang tertarik dengan trekking, bersepeda gunung, fotografi, birding, camping, scuba diving, atau mendekati hewan eksotis di Thailand memiliki banyak pilihan untuk dipilih.

Kunjungan ke pantai Thailand atau salah satu dari sekian banyak pulau di Thailand merupakan kesempatan bagi para pengunjung untuk bersantai, mengalami kehidupan laut eksotis, atau bahkan belajar menyelam. Namun, di seluruh Thailand, baik di pantai, pulau, atau pengunjung Taman Nasional Thailand akan menemukan flora dan fauna unik dan zona ekologis yang berbeda, dari hutan beriklim pegunungan utara dan dataran rendah Thailand tengah ke padang rumput di timur laut dan hutan mangrove di pesisir selatan. Hewan di Thailand tidak hanya mencakup gajah dan monyet tapi juga beruang dan hiu paus, ikan terbesar di dunia.

Pantai & Pulau

Mengunjungi pantai atau pulau Thailand merupakan liburan favorit bagi ratusan ribu pengunjung ke Thailand setiap tahunnya. Thailand diberkati dengan keindahan alam dan kepulauannya termasuk yang paling indah dan indah di dunia. Demikian juga, setiap pantai Thailand, seperti Pantai Karon di Phuket, Pantai Chaweng di Koh Samui, atau Teluk Maya yang indah di Koh Phi Phi, cukup menakjubkan, dan banyak menampilkan pasir berlemak, air jernih, dan pemandangan sempurna dari kartu pos.

Setiap pantai dan pulau Thailand memiliki karakter dan identitas tersendiri dan karena itu menarik tipe pengunjung tertentu. Setiap daerah pesisir berisi sepotong surga yang sesuai dengan gaya pengembara yang berbeda: Pantai barat Thailand, di sepanjang Laut Andaman, menampilkan pantai yang menarik bagi setiap jenis wisatawan, termasuk pulau resor yang penuh aktivitas yang penuh aktivitas; pantai backpacker yang populer di Koh Phi Phi, Koh Lanta, dan Krabi; keluarga yang ramah, santai, dan pantai asli Khao Lak (titik peluncuran untuk perjalanan ke Kepulauan Similan yang spektakuler); dan pulau-pulau terpencil yang belum berkembang di selatan.

Di sepanjang pantai Teluk, pulau resor di Koh Samui berada di dekat kemegahan alam Koh Phangan dan surga menyelam Koh Tao. Lebih dekat ke Bangkok adalah kota resor populer Hua Hin, tempat favorit di antara orang Thailand, dan tetangganya yang tenang, Cha Am. Akhirnya, di sebelah timur Thailand, Teluk utara menampilkan liburan akhir pekan Bangkok Koh Samet, dan pulau resor Koh Chang yang baru dibangun, yang memiliki resor kelas atas dan bungalow pantai anggaran.

Beberapa pantai dan pulau-pulau Thailand, seperti Taman Nasional Koh Tarutao, menawarkan akomodasi dan fasilitas yang terbatas dan menarik lebih banyak pelancong petualang yang mencari pengalaman liburan ‘kembali ke dasar-dasar’ yang lebih baik. Lainnya, seperti Pantai Kamala di Phuket, menawarkan fasilitas kelas dunia (akomodasi, restoran, kehidupan malam, dll) untuk menarik pengunjung dengan anggaran lebih besar yang membutuhkan kenyamanan. Penting untuk dicatat bahwa keragaman ini tidak hanya ada di antara pulau-pulau, tapi juga antara pantai yang berbeda. Sementara satu pantai Thailand mungkin menawarkan hiburan parau, beberapa kilometer lagi di pulau yang sama hanya menarik mereka yang mencari liburan yang tenang.

Phuket, pulau terbesar Thailand, adalah contoh sempurna dari kontras ini. Phuket adalah pulau Thailand yang paling maju, telah menjadi tujuan resor pantai Thailand yang pertama. Terletak di pantai Andaman, Phuket berisi banyak pantai, termasuk aktivitas yang dipenuhi pantai Patong, dengan kehidupan malam yang menyenangkan, dan pantai Karon dan Kata yang lebih ramah keluarga. Di seberang pulau terdapat resor bintang lima yang mewah dan kekayaan spa Thailand yang bisa memanjakan pengunjung dengan anggaran berapa pun. Selain interior tropis yang rimbun, yang memiliki beragam satwa liar eksotis, Phuket adalah lokasi yang ideal untuk berwisata ke pulau-pulau terdekat, seperti Koh Phi Phi, tujuan favorit penyelam scuba, dan teluk Phang Nga, dimana pengunjung dapat snorkeling. , kayak, dan mengunjungi icon James Bond Island (Koh Tapu). Phuket mudah diakses melalui bandara internasionalnya yang terhubung dengan Bangkok, Koh Samui, dan Chiang Mai.

Koh Samui adalah daya tarik pulau utama di Teluk Thailand. Pantai yang paling populer, Chaweng, memiliki akomodasi dari resor mewah bintang lima hingga bungalow pantai yang terjangkau, dan bersantap mencakup santapan lezat di masakan internasional dan barbeque seafood pinggir pantai yang santai. Samui adalah keluarga ramah dan berorientasi anggaran dengan sejumlah kegiatan, beberapa spa terbaik di Thailand, dan berlokasi dekat beberapa tempat menyelam terbaik Thailand dari Koh Tao di dekatnya. Bandara Internasional Samui menghubungkan ke Bangkok, Krabi, Phuket, dan Chiang Mai.

Krabi adalah sebuah provinsi di pantai Andaman daratan, dekat Phuket. Selain area resor tepi pantai yang populer, seperti Railey Beach, Krabi mencakup sejumlah pulau spektakuler, seperti Kepulauan Phi Phi dan Koh Lanta, yang darinya beberapa situs scuba diving terpopuler di Thailand ditemukan.

Taman Nasional

Bagi setiap wisatawan yang ingin menjelajahi keajaiban alam, Taman Nasional Thailand adalah tujuan yang luar biasa. Ada banyak taman hutan jika Anda ingin menjelajahi hutan hujan tropis atau melakukan perjalanan jauh ke hutan belantara untuk melihat beberapa hewan eksotis di Thailand. Jika Anda lebih suka menyelam scuba, snorkeling, atau kayak laut ada sejumlah taman laut nasional di selatan dan timur Thailand yang cukup memukau.

Padahal, Thailand memiliki lebih dari 100 taman nasional, termasuk lebih dari 20 taman laut; Setiap taman di Thailand berisi flora dan fauna yang unik serta fasilitas dasar, termasuk beberapa bungalow dengan listrik dan tempat berkemah (bahkan jika Anda tidak membawa tenda sendiri.) Sebagian besar taman ini mudah diakses dan biaya masuknya relatif sederhana. , meski pemesanan di depan sering direkomendasikan karena beberapa taman sangat populer di kalangan pengunjung Thailand, khususnya selama liburan akhir pekan yang panjang.

Kegiatan yang berorientasi eko di taman nasional di Thailand berkisar dari trekking, kayak, fotografi alam, berkemah dan snorkeling untuk melihat burung eksotis dan hewan lainnya di Thailand tidak seperti yang ditemukan di tempat lain di dunia. Namun, cukup santai dan menikmati keindahan murni alam Thailand yang belum terjamah bisa menjadi pengalaman yang paling berharga dari semua.

Beberapa taman nasional Thailand yang lebih populer adalah:

Taman Nasional Khao Yai mungkin adalah taman Thailand yang paling populer karena hanya berjarak 200 km dari Bangkok dan daerah sekitarnya yang pedesaan mencakup berbagai pilihan akomodasi, beragam aktivitas, dan beragam satwa liar yang mencakup harimau liar, gajah, beruang, dan eksotis. burung, seperti raksasa hornbill.

Taman Nasional Doi Inthanon di Thailand Utara memiliki puncak tertinggi Thailand dan berisi air terjun dan hutan yang mengandung banyak spesies anggrek. Kawasan ini juga dihuni oleh warga desa suku asli.

Sam Roi Yot National Park adalah favorit bagi pengamat burung karena kawasan pesisir taman ini memiliki rawa-rawa yang merupakan rumah bagi beragam unggas air dan kehidupan laut lainnya.

Taman Nasional Erawan, yang terletak di Provinsi Kanchanaburi di Thailand barat, memiliki tujuh air terjun bertingkat terkenal dan hutan tropis yang berisi banyak spesies satwa liar.

Taman laut termasuk Koh Samet (berlokasi strategis di dekat Bangkok), Taman Nasional Laut Ang Thong (perjalanan kayak dan snorkeling favorit dari Koh Samui), Taman Laut Tarutao (yang paling terpencil dan belum terjamah di selatan pulau Thailand), dan Ao Phang Nga Taman Nasional (perjalanan sehari yang populer dari Phuket yang memiliki pulau batu kapur unik seperti “James Bond Island” dari film The Man with the Golden Gun).

Flora & Fauna

Tanaman dan hewan di Thailand unik dan beragam. Geografi Thailand, yang terbentang dari pantai Semenanjung Malaysia sampai ke pegunungan di daratan Asia, memiliki beragam iklim dan beragam spesies tanaman dan hewan.

Meskipun mayoritas Thailand telah beralih ke pertanian selama berabad-abad, hutan alam masih mencakup sekitar 25% wilayah Thailand. Hutan di Thailand sebagian besar terdiri dari hutan monsun dan hutan hujan, yang dibedakan dengan jumlah curah hujan masing-masing yang diterima. Selanjutnya, hutan monsun biasanya terdiri dari pohon gugur atau pohon kayu keras, yang menumpahkan daunnya selama musim kemarau untuk menghemat air. Kayu keras Thailand yang paling berguna adalah kayu jati.

Kawasan hutan hujan kebanyakan ditutupi pepohonan hijau, meski sebagian besar Thailand memiliki tumpang tindih yang cukup besar dan tidak biasa menemukan bambu, pohon kelapa, dan pohon pisang di seluruh negeri. Di seluruh dataran rendah pesisir, selain tutupan hutan hujan yang lebih didominasi, hutan mangrove dan rotan berlimpah.

Selain jati tersebut, Thailand terkenal dengan keragaman pohon dan tanaman berbunga dan pohonnya, yang paling ikoninya adalah anggrek, bunga nasional Thailand, yang muncul di lebih dari 27.000 varietas yang berbeda.

Sementara perambahan habitat mereka telah mengurangi populasi banyak hewan eksotis di Thailand, masih banyak jenis spesies asli. Yang paling ikoniknya adalah Gajah, yang kira-kira 1.000 orang masih berada di alam liar, kebanyakan di Taman Nasional di Thailand. Di antara mamalia yang lebih besar adalah harimau, macan tutul, beruang matahari Malaysia, rusa sambar, berang-berang, dan kucing luwak. Hewan pemanjat meliputi burung naga dan banyak spesies monyet. Ada juga domba, kambing, lembu, tapir, sapi liar, babi liar, dan berbagai macam ular, termasuk kobra. Buaya, kadal, dan kura-kura juga sangat banyak dan ikan berlimpah di sungai dan perairan pantai.

Akhirnya, ada lebih dari 900 spesies burung berkembang yang asli atau yang bermigrasi ke Thailand. Wisata pengamatan burung sangat populer di Taman Nasional Sam Roi Yot dan Khao Sok, yang merupakan rumah bagi enam spesies burung enggang.