blog image

Festival Songkran 2022 Apakah Akan Digelar?

TAT, Jakarta - Siapa yang sudah lama menantikan Festival Songkran di Thailand? Kabar baiknya, festival yang merupakan perayaan Tahun Baru Thailand ini direncanakan hadir kembali setelah pada tahun sebelumnya dibatalkan karena situasi pandemi.

Festival Songkran 2022 akan diselenggarakan selama empat hari pada 13 sampai 15 April 2022 mendatang. Untuk Anda yang sudah tak sabar ‘perang air’ dan menyaksikan beragam kegiatan seru selama Festival Songkran 2022, yuk mulai rencanakan perjalanan Anda ke Thailand dengan skema masuk bebas karantina Phuket Sandbox.

Perayaan Festival Songkran 2022 

Oleh karena masih situasi pandemi, Festival Songkran 2022 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Langkah-langkah pencegahan dan keselamatan perlu diperhatikan oleh setiap orang yang ikut serta dalam perayaannya termasuk memakai masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan dengan teratur.

Festival Songkran 2022 mungkin dibatalkan jika terjadi peningkatan kasus hingga lebih dari 30,000 per hari. Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, menyarankan agar setiap orang yang berencana menghadiri Festival Songkran 2022 segera mendapatkan vaksin ketiga dan menjalani tes Antigen mandiri dengan Antigen Test Kit (ATK) sebelum dan sesudah perjalanan. Orang-orang yang masuk ke dalam kelompok rentan (seperti lansia dan penyakit komorbid) juga disarankan untuk vaksinasi dosis lengkap menjelang festival berlangsung.

Mengenal Asal-Usul Festival Songkran

Songkran menjadi festival air terbesar di dunia dan menjadi perayaan tahunan yang paling ditunggu-tunggu para wisatawan. Kata 'Songkran' berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya 'bergerak' atau 'lewat', sehingga salah satu tradisi dari perayaannya adalah mengunjungi anggota keluarga. Selain itu, penduduk Thailand juga akan berkunjung ke kuil untuk berdoa dan menuangkan air di patung-patung Buddha. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan hadiah makanan atau jubah baru kepada para biksu yang tinggal di sana.

Perang air yang terkenal mulanya berasal dari tradisi orang-orang yang saling mencipratkan air bekas mencuci patung Buddha dengan tujuan mendapatkan berkat dan keberuntungan di tahun baru. Seiring berjalannya waktu, kegiatan saling melemparkan air ini juga dimaksudkan untuk menghilangkan nasib buruk di tahun sebelumnya.

Jika Anda berencana untuk berwisata ke Thailand saat Festival Songkran berlangsung, mulai rencanakan perjalanan Anda dan cari tahu informasi lebih lanjut melalui Instagram/Twitter @wisatathailand.id atau Kedutaan Besar Thailand di Indonesia.


Songkran Festival

00:00:00:00