6 Kuil dengan Patung Buddha Besar di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Dibangun dengan keyakinan dan pengabdian, Kuil di seluruh Thailand biasanya menjadi tempat yang dikunjungi banyak orang untuk mencari kebahagiaan batin dan ketenangan pikiran.

Jika Anda berencana untuk datang ke Thailand, berikut ini 6 kuil yang wajib Anda kunjungi:

1. Wat Muang

Lokasi: 19 Hua Taphan, Wiset Chai Chan District, Ang Thong 14110

Patung Buddha emas ini menjulang 95 meter di atas tanah, dan butuh waktu 16 tahun untuk menyelesaikannya. Saat berada dii sini, Anda akan merasa sangat kecil, bahkan jika berdiri di ujung jari patung karena ukurannya yang sangat besar.

2. Wat Phai Rong Wua

Lokasi: 3422 Bang Ta Then, Song Phi Nong District, Suphan Buri 72110

Patung Buddha Wat Phai Rong Wua berukuran setinggi 56 meter, dan berwarna serba putih. Di kuil ini Anda bisa melihat taman yang menggambarkan surga dan neraka, sehingga akan mengingatkan Anda tentang dosa.

3. Phra Phutta Ming Mongkol Akenakiri

Lokasi: Karon, Mueang Phuket District, Phuket 83100, Thailand

Patung berukuran 45 meter ini dijadikan sebagai simbol Buddha di Phuket pada tahun 2008, sehingga disebut juga dengan “Phuket Big Buddha” atau “The Great Buddha of Phuket”. Kuil ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan wisata religi sambil menyaksikan pemandangan laut yang indah.

4. Wat Chaiyo Worawihan

Lokasi: Chaiyo, Ang Thong 14140, Thailand

Ini merupakan kuil kuno yang berdiri sejak awal periode Rattanakosin dan telah mengalami beberapa kali pemulihan. Wat Chaiyo Worawihan diangkat sebagai kuil kelas kerajaan di era Raja Rama IV. Daya tarik lain dari kuil ini adalah mural dan pahatan rumit pada patung Buddha yang diketahui berasal dari era Raja Rama V.

5. Wat Chaiyo Worawihan

Lokasi: 12 Phra Nakhon Si Ayutthaya District, 13000, Thailand

Kuil ini diyakini telah dibangun sejak lama, bahkan sebelum berdirinya Kerajaan Ayutthaya. Patung Buddha - Luang Phor Tho atau Big Buddha - dilapisi emas, duduk, dan menjulang 19 meter di atas tanah. Patung ini juga dikenal sebagai 'Sam Por Kong' yang merupakan penjaga para pelaut keturunan Tionghoa.

6. Wat Tham Sua

Lokasi: Muang Chum, Tha Muang District, Kanchanaburi 71110, Thailand

Patung buddha besar bernama Chin Prathanporn dibuat pada tahun 1973. Tingginya sekitar 18 meter. Puncak utama kuil ini adalah Buddha raksasa dengan pemandangan ladang dan sungai di sekitarnya. Sangat indah!