Dua Kemenangan HICAP 2020 Sustainable Hotel Awards untuk Ekowisata Phuket

blog image

TAT, Jakarta - Six Senses Ko Yao Noi dan Phuket Hotels for Islands Sustaining Tourism di Thailand (PHIST) baru-baru ini memenangkan "HICAP 2020 Sustainable Hotel Awards" pada kategori Positive Community Impact. Kemenangan ini menunjukkan bahwa ekowisata Phuket yang dibangun telah memenuhi tantangan pembangunan berkelanjutan.

Gubernur Tourism Authority of Thailand (TAT), Mr. Yuthasak Supasorn, mengatakan bahwa dua penghargaan tersebut menunjukkan Phuket telah berada di jalur yang benar dan dapat menginspirasi industri perjalanan Thailand untuk berbuat lebih banyak.

Six Senses Ko Yao Noi

Six Senses Yao Noi berbagi pulau dengan komunitas yang tidak memiliki sumber air minum dan bergantung pada air kemasan plastik, sehingga menyebabkan penumpukan sampah plastik selama bertahun-tahun. Untuk mengatasi hal tersebut, Six Senses memperluas proyek Air Bersih-nya dari Kamboja ke Ko Yao Noi, dan komunitas provinsi lain, untuk menyediakan akses air minum bersih gratis menggunakan penyaringan air di tempat dan pembotolan kaca.

Semua air yang digunakan di dalam resor dan kompleks tuan rumah berasal dari reservoir air milik resor sendiri. Air limbah diolah di tempat dan air abu-abu didaur ulang untuk saluran irigasi. Sekitar lima puluh persen dari pendapatan yang dihasilkan dari penjualan air minum Six Senses kepada tamu resor akan langsung disalurkan ke proyek air bersih di masyarakat setempat.

Hingga saat ini, Proyek Air Bersih Six Senses Yao Noi aktif di lebih dari 32 lokasi, termasuk 15-unit filtrasi dan penyaluran di Ko Yao Noi. Dengan asumsi rata-rata dua botol per orang per hari, berarti lebih dari 73 juta botol plastik berkurang setiap tahunnya akibat program ini.

Phuket Hotels for Islands Sustaining Tourism (PHIST)

PHIST adalah acara pertemuan yang diadakan setiap tahun untuk menjalankan agenda aksi berkelanjutan. Kegiatan ini mempertemukan siswa dan pembicara lokal dari berbagai usia, jenis kelamin, dan etnis dengan kalangan profesional di bidang perhotelan dan travel.

Pada acara PHIST pertama, sebanyak 71 hotel menandatangani "Phuket Pledge" untuk menghilangkan penggunaan botol plastik sekali pakai. Aksi ini berhasil mengurangi 4,4 juta botol plastik pada tahun 2019. The Great Big Green Guide, kumpulan ide dan praktik ramah lingkungan, juga diluncurkan selama acara tersebut. PHIST juga berupaya untuk menginspirasi generasi penerus dengan serangkaian lokakarya dan kegiatan anak-anak.