Kerajinan Tekstil Khas Suku Paka-Kyaw di Mae Hong Son

blog image

TAT, Jakarta - Mae Hong Son adalah sebuah provinsi di bagian Utara Thailand. Wilayah ini dikenal sebagai "kota tiga kabut" karena dikelilingi oleh pegunungan tinggi yang sering tertutup kabut. Di sini Anda bukan hanya dapat menyaksikan pemandangan asri, tetapi juga melihat kerajinan tekstil khas suku Paka-Kyaw yang terkenal karena bertema cerah, penuh warna, dan cenderung rumit.

Suku Paka-Kyaw banyak dikenal karena gaya hidup tradisionalnya yang damai. Komunitas ini memiliki garis keturunan yang panjang dalam pembuatan tekstil, erat kaitannya dengan kepercayaan dan budaya bawaan mereka. Sebagian besar keluarga menenun tekstil mereka sendiri. Anak perempuan yang tumbuh dewasa akan diajari cara menggunakan alat tenun, meniru pola tradisional yang rumit dari nenek moyang mereka. Karya seni ini juga telah diadaptasi ke benda-benda lainnya, seperti aksesori, dekorasi rumah, dan karpet.

Jika Anda menginginkan perjalanan yang damai ala pedesaan di Thailand, Mae Hong Son adalah tempat yang cocok untuk Anda. Jalur udara merupakan cara tercepat untuk mencapai Mae Hong Son dari Chiang Mai. Pilihan lainnya termasuk naik kereta api dari Hua Lamphong Bangkok atau naik bus jarak tiga jam perjalanan dari Terminal Bus Utara Bangkok (Mo Chit), kemudian lanjut naik bus mini setelah Anda tiba di Chiang Mai. Transportasi apapun yang Anda pilih, Chiang Mai akan menjadi tempat transit sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Mae Hong Son.