Ratchaburi, Tempat Kaya Sejarah dan Atraksi Alam di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Ratchaburi, berjarak 80 kilometer dari Bangkok, merupakan satu dari 55 destinasi favorit di Thailand yang kaya akan sejarah kuno dan atraksi alam. Di sini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan, gua, mata air panas, air terjun, hingga dapat merasakan berbelanja di pasar terapung.

Berikut ini beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi selama di Ratchaburi:

1. Ratchaburi National Museum

Ratchaburi National Museum adalah balai kota yang dibangun pada tahun 1922, kemudian dijadikan sebagai museum pada tahun 1988. Museum ini menampilkan seni dan barang-barang kuno (termasuk artefak dari Zaman Batu) yang ditemukan di daerah Ratchaburi dari periode berbeda. Ada juga pameran sejarah Ratchaburi, serta seni rakyat dan geologinya di sini.

2. Nang Yai Museum Wat Khanon

Ini adalah rumah bergaya tradisional Thailand dengan pameran tentang Nang Yai, sejarahnya, dan proses pembuatan boneka Nang Yai. Ada 313 boneka Nang Yai lengkap dan sebagian besar merupakan tokoh-tokoh dari Ramayana termasuk set pertunjukan Hanuman Thawai Waen, Sahatsa Kuman, dan Phao Krung Longka. Set pertunjukan Suek Intharachit adalah bagian dari proyek kerajaan HRH Putri Maha Chakri Sirindhorn yang menyadari nilai seni pertunjukan Nang Yai atau 'pertunjukan wayang kulit akbar', yang dianggap sebagai sebuah karya seni. Semua figur Nang Yai di sini diukir.

3. Damnoen Saduak Floating Market

Beroperasi di sepanjang jaringan kanal tak jauh dari Mae Klong River, pasar terapung ini aktif di pagi hari dan menjual segala jenis buah, sayuran, serta makanan ringan siap santap.

4. Gua Chom Phon

Gua Chom Phon awalnya bernama Tham Mutchalin, kemudian diberi nama baru oleh Raja Rama V Agung saat kunjungan kerajaan pada tahun 1895. Gua ini mencerminkan bentuk stalaktit, yang terlihat seperti tanda pangkat seorang marsekal lapangan. Gua ini juga menampung Buddha berbaring berukuran sedang.

5. Destinasi lainnya

Selain keempat destinasi di atas, Anda juga dapat mengunjungi Kao Chan Waterfall (yang dikenal sebagai air terjun sembilan tingkat), Chaloem Phrakiat Thai Prachan National Park, Khao Prathap Chang Wildlife Sanctuary, dan Natural History Park. Terdapat juga reruntuhan kuil di Racthanburi, beberapa diantaranya adalah Wat Mahathat Worawihan, Wat Khanon, Wat Nong Hoi, Wat Pa Phrathat Kao Noi, Wat Khao Wang, Wat Muang Folk Museum, Phra Phut Nira Ro Khan Tarai Chai Wat Chatura Thit, dan Wat Luangpho Sot Dhammakayaram.