10 Hal Seru di Ancient City & Museum Erawan

blog image

TAT, Jakarta - Bagi Anda yang suka mengambil foto dan menjelajahi tempat baru, coba berkunjung ke Ancient City dan Erawan Museum. Lokasinya hanya berjarak 30 menit dari pusat Bangkok.

Kedua tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 7 malam. Harga tiket sekitar 216 B. Yang berbeda hanya lokasinya saja. Ancient City beralamat di 296 1 Moo 7 Sukhumvit Rd, Bang Pu Mai, Amphoe Mueang Samut Prakan, Chang Wat Samut Prakan 10280. Sedangkan, Erawan Museum beralamat di Moo 1 99/9 Tambon Bang Muang Mai, Amphoe Mueang Samut Prakan, Chang Wat Samut Prakan 10270.

Berencana untuk datang ke Ancient City dan Erawan Museum? Jangan lewatkan 13 hal seru berikut ini.

1. Pavilion of the Enlightened

Jika Anda suka memotret, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di paviliun emas yang terletak di atas kolam. Paviliun ini dipenuhi dengan patung Buddha dan biksu. Selain untuk berfoto, duduk di bangku atau tepi paviliun juga bisa Anda lakukan sambil bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi.

2. Sumberu Mountain

Di sini, Anda bisa menemukan patung gunung Sumeru yang berbentuk ikan raksasa Anondha. Menurut kepercayaan, patung ikan menopang gunung Sumeru dengan mengelilinginya. Jadi saat gempa bumi, Anda akan mengetahuinya dari patung ikan yang bergerak. 

3. Floating Market

Belum sempat berkunjung ke pasar apung? Tenang, di sini Anda juga bisa mengunjungi pasar apung yang menjual banyak hal. Mulai dari mainan hingga makanan lezat. Anda bahkan bisa menaiki perahu kayu selama di sana, lho.

4. Kuil Khmer

Kuil ini dibangun pada abad ke-11. Lokasinya berada di tebing dekat perbatasan Thailand-Kamboja - Prasat Phra Wihan (Preah Vihear). Jadi, bagi yang belum sempat melihatnya di Kamboja, Anda bisa berkunjung ke Ancient City & Erawan Museum. 

5. Sanphet Prasat Palace

Anda bisa melihat bentuk istana utama di Ayutthaya di masa jayanya (sebelum dibakar) di sini. Sanphet Prasat dibangun kembali berdasarkan bukti sejarah, sehingga Anda bisa melihat betapa mengesankannya bangunan ini.

6. Old Market Town

Pasar tradisional yang menjual pernak-pernik lucu dan camilan lezat. Anda bahkan dapat bersepeda di dalam pasar saat melewati taman, tempat yang tepat untuk membeli minuman sebelum melanjutkan penjelajahan.

7. Patung Kuan Yin

 Patung Kuan-Yin berukuran sangat besar dengan atap emasnya. Jika Anda punya waktu, lihat patung di sebelah kanan objek wisata ini, yakni Bodhisattva Avalokitesavara (Kuan-Yin). Di sini, patung Kuan-Yin sedang memuja Buddha dengan menempatkan patung Buddha di atas kepalanya sambil duduk di atas naga. Hal ini menandakan bahwa ia sedang menaklukkan kekuatan jahat yang mengancam umat manusia.

8. The Museum

Terdapat patung gajah berkepala tiga yang terbuat dari tembaga di atas Erawan Museum. Anda dapat melihatnya dengan jelas saat memasuki museum. Jangan lupa untuk mengambil foto selama berada di sini, ya!

9. Earth

Selain eksterior Erawan Museum yang anggun, Anda juga akan dibuat takjub saat memasuki 'Earth' atau struktur utama museum. Terdapat tangga berbentuk spiral dengan desain kaca patri, yang mungkin membuat Anda sedikit pusing selama menaikinya. Ingat untuk selalu mengatur kecepatan saat menaiki tangga atau beristirahat sejenak agar tidak tersandung di tengah jalan. 

10. Tavatimsa

Apakah Anda berpikir bahwa gajah berkepala 3 di atas museum itu kosong? Jika iya, Anda salah. Sebab di dalam kepalanya, terdapat sebuah kuil Buddha Buddha Celestial biru yang dikelilingi oleh patung dan rasi bintang. Saat berada di sana, Anda pasti dibuat takjub dengan pemandangan burung parsial dan terasa seperti di dunia yang berbeda. 

Informasi diperoleh dari Thailand.tripcanvas.co*