3 Pusat Kebugaran dan Kesehatan di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Thailand memiliki banyak destinasi wisata yang dapat memanjakan para turis yang datang. Termasuk untuk tujuan kesehatan dan kebugaran dengan teknik tradisional hingga modern yang memiliki pelayanan bintang lima. Mulai dari latihan mindfulness, detoksifikasi, perawatan gigi, bedah kosmetik, program penurunan berat badan, perawatan anti-penuaan dini, yoga, meditasi, spa dan relaksasi.

Banyak resor dan hotel di Thailand yang menawarkan pengalaman spa, pijat tradisional, pengobatan tradisional Cina, Ayurveda, homeopati, dan layanan lain yang disesuaikan dengan gaya hidup dan tujuan kesehatan Anda.


1. SUP Yoga

SUP Yoga adalah olahraga air yang menggabungkan antara yoga dengan Stand Up Paddle Boarding (SUP). Aktivitas ini memungkinkan Anda untuk berlatih yoga di atas papan dayung dalam posisi berdiri sehingga dapat melatih fokus, kekuatan, dan keseimbangan tubuh. Posisi yang cocok untuk SUP yoga termasuk pose yoga dasar, seperti:

- Table Top untuk pemanasan dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

- Chair untuk memperkuat kaki dan torso.

- Butterfly dengan gerakan membuka pinggul dan kaki bagian dalam.

- Downward dog sebagai peregangan tulang punggung

- Warrior untuk menyeimbangkan tubuh.

- Boat untuk memperkuat perut dan torso.

- Crescent Lunge untuk meregangkan pinggul dan otot kaki bagian ata.

- Thread the Needle untuk meregangkan bahu dan tulang punggung.

- Garland untuk peregangan punggung dan pinggul.

- Savasana sebagai relaksasi terakhir.

Jika ingin mencoba SUP Yoga, beberapa tempat berikut bisa Anda kunjungi saat berada di Thailand:

- SUP Station Pathum Thani. Di sini tersedia peralatan sewa untuk Anda yang membutuhkannya. Info lebih lanjut hubungi (+66) 90 985 1177 atau facebook.com/supstationthailand

- SUP TAO Paddleboarding. Cocok untuk Anda yang ingin mencoba SUP Yoga di pulau Koh Tao yang indah. Info lebih lanjut hubungi (+66) 93 348 7661 atau Facebook: Sup Tao Stand Up

- Taco Lake, Bangna. Lokasinya berjarak 20 menit dari Bangna Junction & Suvarnabhumi Airport. Info lebih lanjut hubungi (+66) 22 316 7809/61 626 2252 atau Facebook: Taco Lake

- iSUP SAMUI, Surat Thani. Untuk Anda yang pemula bisa datang ke tempat ini. Info lebih lanjut hubungi (+66) 92 737 9705 atau Facebook: iSUP Samui

- SUP CNX, Chiang Mai. SUP Yoga di jantung Chiang Mai sambil menikmati kota bersejarah, arsitektur tradisional, dan kehidupan lokal di sepanjang tepi sungai. Sangat indah! Info lebih lanjut hubungi (+66) 81 595 0678/81 732 0113 atau Facebook: Sup CNX

- Paddle Phuket. SUP Yoga sambil berkeliling pulau Phuket. Info lebih lanjut hubungi (+66) 84 889 1278 atau kunjungi paddlephuket.com

2. Meditasi

Meditasi adalah kegiatan untuk melatih fokus pikiran untuk mencapai kesadaran penuh (mindfulness) dan memiliki mental yang lebih tenang dan stabil. Di Thailand ada banyak pusat meditasi yang dapat Anda kunjungi dan tersebar di seluruh wilayah. Berikut beberapa diantaranya.


- Wat Pa Tam Wua, Mae Hong Son

Alamat : Ban Mae Suya, Huay Pha, Mae Hong Son

Telp : (+66) 81 031 03326

Email : watphatamwua.2561@gmail.com

Wua adalah Wihara Hutan Buddha (Buddhist Forest Monastery) yang terletak di Utara Thailand. Tempat ini siap menyambut Anda yang ingin belajar tentang agama Buddha dan melatih spiritualitas agar menjadi pribadi yang lebih fokus dan bahagia.


- Wat Suan Dok, Chiang Mai

Alamat : Wat Suan Dok, Suthep Road, Chiang Mai

Telp : (+66) 84609 1357

Email : thaimonkchat@yahoo.com

Retret Chiang Mai ini menyediakan lokakarya meditasi yang mengajarkan Teknik Meditasi Vipassana, memberikan pencerahan dan perhatian, untuk membantu mengubah atau meningkatkan kualitas hidup Anda. Ini cocok untuk siapa saja yang mencari pencerahan, tidak hanya untuk yang beragama Buddha.


- Wat Ram Poeng, Chiang Mai

Alamat : Northern Insight Meditation Center, Chiang Mai

Telp : (+66) 53 278 620

Email : watrampoeng@hotmail.com

Website : watrampoeng.com

Pusat meditasi ini berada di hutan, di lokasi terpencil di pinggiran Kota Tua Chiang Mai.


- Dhamma Simanta, Vipassana Centres, Lamphun

Alamat : 200 Mu 1 Ban Nong Soi, Tambon Makok, Amphoe Pa Sang, Lamphun            

Telp : (+66) 80452 3559

Email : dhamma.simanta@gmail.com / info@simanta.dhamma.org                   

Pusat meditasi Dhamma Simanta didedikasikan untuk praktik Meditasi Vipassana seperti yang diajarkan oleh S.N. Goenka dan asisten guru dalam tradisi Sayagyi U Ba Khin.


- Wat Pha Nanachat, Ubon Ratchathani

Alamat : Ban Bung Wai, Amphoe Warin Chamrap, Ubon Ratchathani

Website : watpahnanachat.org

Wat Pah Nanachat adalah biara Buddha di Timur Laut Thailand, dalam Tradisi Hutan Theravada. Tempat ini didirikan pada tahun 1975 oleh Ven. Ajahn Chah (1918 - 1992) sebagai biara cabang, dekat dengan biara hutan tradisional miliknya, Wat Nong Pah Pong, di provinsi Ubon Rachathani.


- Thai Plum, International Practice Centre

Alamat : 174, 176 Ban Sra Nam Sai, Mu 7, Tambon Pong Ta Loy, Amphoe Pak Chong, Nakorn Ratchasima              

Telp : (+66) 89 616 1952

Email : thaiplumvillage@thaiplumvillage.org

Website : thaiplumvillage.org

Thai Plum Village siap menyambut Anda untuk merasakan energi positif dan belajar mindfulness. Penginapan biara di sini memungkinkan Anda untuk memelihara batin sambil menikmati hidup yang sederhana dan damai.


- Wat Mahathat, Bangkok

Alamat : Maharaj Road, Phranakorn, Bangkok

Telp : (+66)2 222 6011, (+66) 2 222 4981

Website : watmahathat.com / vipassana meditation

Facebook : Insight Meditation Centre. Wat Mahathat, Section 5

Wat Mahadhatu adalah salah satu kuil tertua di Bangkok, awalnya dibangun untuk menampung peninggalan Sang Buddha. Kemudian berkembang menjadi lokasi untuk ordo biara terbesar di Thailand dan Pusat Meditasi Vipassana dan universitas Buddha tertua di dunia.


- Dhamma Dhani Vipassana Centres

Jam buka : Senin - Jumat pukul 09.00 17.00

Alamat : 42/660 K. C. Garden Home Nimitmai 40, Nimitmai Road, Klong Sam Wa,Bangkok                

Telp : (+66) 87 314 0606

Email : dhamma.dhani@gmail.com

Website : dhani.dhamma.org

Dhamma Dhani (Kota Dhamma) salah satu dari banyak pusat di seluruh dunia, yang didedikasikan untuk praktik Meditasi Vipassana seperti yang diajarkan oleh S.N. Goenka dan asisten guru dalam tradisi Sayagyi U Ba Khin.


- Dhamma Kamala, Vipassana Centres

Alamat : 200 Baan Nern Pasook (di belakang Thai Rath Vitaya 7 School) Tambol Dong Kee Lek, Amphoe Muang, Prachinburi

Jam buka : Senin - Jumat pukul 09.00 17.00

Telp : (+66) 94 498 8995

Email : info@kamala.dhamma.org / long-course@kamala.dhamma.org

Website : kamala.dhamma.org

Dhamma Kamala (Lotus of Damma) adalah salah satu banyak pusat meditasi di seluruh dunia, yang didedikasikan untuk praktik Meditasi Vipassana seperti yang diajarkan oleh S.N. Goenka dan asisten guru dalam tradisi Sayagyi U Ba Khin.


- Wat Suan Mokkh, Surat Thani

Alamat : Amphoe Chaiya, Surat Thani

Telp : (+66) 07 7431-661

Website : suanmokkh-idh.org

Suan Mokkh International Dharma Hermitage didirikan oleh Yang Mulia Ajahn Buddhadasa pada tahun 1989. Sejak itu lebih dari 25.000 orang berkunjung dari seluruh dunia dan telah berpartisipasi dalam bulanan retret meditasi di sini.


- Dipabhavan Meditation Centre, Koh Samui

Alamat : 438/130 Mu 1 Tumbon Maret, Amphoe Ko Samui, Surat Thani

Telp : (+66) 96 993 6955

Email : booking@dipavhavan.org / dipabhavan.thai@gmail.com

Website : dipabhavan.weebly.com

Topik pembelajaran yang dibahas di pusat meditasi ini adalah tentang ajaran Buddha, yang disajikan oleh beberapa pembicara dengan sudut pandang yang berbeda.


- The Kamalaya, Koh Samui

Alamat : 02/9 Moo 3, Laem Set Road, Na Muang, Amphoe Koh Samui, Suratthani

Telp : (+66) 77 429 800

Website : kamalaya.com/wellness-retreats.htm

Pusat meditasi ini berfokus pada kesejahteraan pribadi dan kesehatan batin. Di sini Anda akan memulai pengalaman meditasi dengan konsultasi pribadi dan Bio Impedance Analysis (BIA). Setelah kebutuhan fisik, emosional, dan spiritual Anda diidentifikasi, praktisi kesehatan Kamalaya akan membantu memilih terapi dan perawatan yang paling tepat untuk Anda.

3. Spa dan Relaksasi

Thailand dikenal sebagai salah satu tujuan spa terbaik di dunia. Tak mengherankan jika banyak wisatawan yang datang ke Thailand hanya untuk memanjakan diri di pusat relaksasi dan spa terbaiknya. Terlebih Thailand memiliki sejarah pijat tradisional yang panjang dan mengesankan, berasal dari pengobatan Tiongkok dan India.

Banyak orang Thailand yang melakukan pijat untuk menjaga kesehatan mereka. Jika Anda ingin merasakan pengalaman spa dan relaksasi di Thailand, berikut rekomendasinya untuk Anda.


- THANN Sanctuary Spa, Phra Nakhon Si Ayutthaya

Alamat : 1 Mu 5, Tambon Krachaeng, Bang Sai, Phra Nakhon Si Ayutthaya

Email : info@thannwellness.com

Telp : (+66) 35910910

Website : thannwellness.com

THANN Wellness Destination adalah resor spa mewah yang dikelilingi oleh taman lanskap yang rimbun di atas properti seluas 10 hektar di distrik Bangsai di Ayutthaya, ibu kota lama Thailand dengan Situs Warisan Dunia UNESCO.


- Coqoon Spa, The Slate Phuket Being

Alamat : 116 Mu 1, Hat Nai Yang, Tambon Sakhu, Thalang, Phuket

Email : reservation@theslatephuket.com

Telp : (+66) 76327006

Website : theslatephuket.com/spa

Dikelilingi oleh pepohonan tropis, Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam sambil melakukan perawatan khas spa dan pijat relaksasi selama di sini.


- Kashikiri Onsen and Spa, Bangkok

Alamat : 84 Soi Sukhumvit 49, Khlong Tan Nuea, Vadhana, Bangkok

Email : info@kashikirionsenandspa.com

Telp : (+66) 2587902, (+66) 812684624

Website : kashikirionsenandspa.com

Kashikiri Onsen and Spa adalah spa bergaya Jepang di daerah Sukhumvit. Onsen tersebut menggunakan tiga jenis air mineral, yang paling menonjol adalah soda onsen, yang membantu melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah sekaligus merevitalisasi kulit.


- Divana Scentuara Spa, Bangkok

Alamat : 16/15 Soi Somkhit, Phloen Chit Road, Lumphini, Pathum Wan, Bangkok

Email : kp@divanadvn.com

Telp : (+66) 2 661 6784

Website : divanaspa.com

Divana Scentuara Spa memiliki program pijat khas yang disebut "The Exquisite Romance of Siamese Rose". Mawar digunakan sebagai bahan utama spa dalam setiap perawatan spa, dicampur dengan bahan anti penuaan dini (anti-aging) diantaranya madu, kolagen, garam, tanaka, dan garam Himalaya merah muda untuk menutrisi kulit.


- Urban Oasis Spa Thonglor, Bangkok

Alamat : 59 Soi Thong Lo 20 Ekkamai 21, Khlong Tan Nuea, Vadhana, Bangkok

Email : cs@oasisspa.net

Telp : (+66) 262 2122

Website : oasisspa.net

Cabang kelima belas dari Oasis Spa baru dibuka dengan nama "Urban Oasis Spa", yang terletak di daerah Thong Lo di Bangkok. Berbagai macam perawatan diberikan oleh terapis profesional dari spa Bangkok terkemuka ini yang telah ada sejak lebih dari 17 tahun.


- Namm Spa @Samyan Mitrtown, Bangkok

Alamat : Lantai 2, Zone B, Samyan Mitrtown, 944944/1Rama IV Road, Wang Mai, Pathum Wan, Bangkok

Email : info@nammspa.com

Telp : (+66) 22191598 99

Website : nammspa.com/th

Bagian dari Dusit International Group, Devarana Spa, telah meluncurkan merek baru bernama 'Namm Spa'. Perawatan khasnya adalah Samyan Market's Charm yang terinspirasi oleh makanan penutup terkenal yang tersedia di Pasar Samyan.


- Sense Garden Massage & Spa, Chiang Mai

Alamat : 33/2 Si Phum Road, Amphoe Mueang, Chiang Mai

Telp : (+66) 52016029

Website : sense-garden-massage.business.site

Nikmati perawatan yang menyenangkan dan diberikan oleh terapis berpengalaman. Berbagai program perawatan yang ditawarkan dalam suasana gaya Lanna kontemporer akan membantu Anda menyeimbangkan kembali tubuh dan pikiran.