5 Taman Publik untuk Dikunjungi di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Bangkok menawarkan hal-hal seru yang bisa Anda eksplorasi bersama pasangan, keluarga, dan teman. Selain pasar malam yang menyakinan jajanan kaki lima, di Bangkok Anda bisa menemukan banyak hotel dan pusat perbelanjaan untuk berbelanja produk khas Thailand.

Tenang saja, untuk Anda yang menyukai tempat terbuka untuk bersantai dan piknik sambil menikmati udara segar, taman publik berikut bisa menjadi rekomendasi.

1. Lumpini Park

Lumpini Park merupakan salah satu taman tertua dan terbesar di Thailand dengan pemandangan kota di sekelilingnya. Taman ini menjadi favorit penduduk lokal dan wisatawan untuk menghabiskan waktu sambil menunggu matahari terbenam.

Di halaman rumput yang terbuka luas, Anda bisa melakukan apapun untuk bersantai, bahkan sekadar rebahan di atas rumput sambil membaca buku. Tentu saja, ada aktivitas lain yang Anda bisa lakukan di sini. Sebab tersedia perahu dayung yang bisa Anda sewa, juga taman basket untuk olahraga bersama.

Taman Lumpini buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 9 malam. Jika naik kendaraan umum, Anda bisa turun di stasiun MRT Lumpini.

2. Chatuchak Park

Taman ini dekat dengan pasar Chatuchak yang terkenal. Di sini Anda bisa berbelanja apapun termasuk baju, celana, sepatu, tas, tanaman, makanan, minuman, dan masih banyak lagi. Jadi, setelah lelah berbelanja, Anda bisa pergi ke Chatuchak Park untuk duduk dan bersantai.

Chatuchak Park buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 9 malam. Taman biasanya ramai saat akhir pekan karena banyak orang yang bersantai dan berolahraga di taman saat sore hari hingga malam. Untuk sampai ke taman, Anda bisa turun di stasiun BTS Mo Chit atau MRT Chatuchak.

3. Benjakitti Park

Benjakitti Park dibuat untuk menghormati ulang tahun Queen Sirikit ke-72. Selain pemandangan gedung Dari semua sisi taman Anda dapat melihat pemandangan gedung pencakar langit. Yang menarik, taman ini memiliki dua trek yang masing-masingnya disediakan khusus untuk jalur sepeda dan lari. Taman ini juga dekat dengan Lumpini Park yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Benjakitti Park buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 9 malam. Anda bisa turun di stasiun MRT Queen Sirikit National Convention Center untuk menuju taman. Namun jika berada di Sukhumvit, turun di stasiun MRT Asoke dapat menjadi pilihan.

4. Benjasiri Park

Benjasiri Park terletak di pusat kota, tepatnya di sebelah Emporium dan EmQuartier. Ini cocok untuk Anda menghabiskan waktu bersama keluarga karena banyak pohon rindang dan danau yang sejuk.

Taman ini memiliki luas 11,6 hektar dan memiliki beberapa fasilitas luar ruangan di dalam taman, termasuk taman bermain anak dan fasilitas olahraga seperti taman skateboard, lapangan basket, kolam renang, area angkat besi, dan lapangan tenis yang dikelilingi oleh lintasan lari atau jalan kaki.

Benjasiri Park buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 9 malam dan terletak di samping stasiun BTS Phrom Phong.

5. Suan Luang Rama IX (Rama IX Park)

Rama IX Park terletak di pinggiran selatan Bangkok. Taman ini didirikan kembali pada tahun 1987 untuk menghormati ulang tahun Bhumibol King ke-60. Dengan luas 200 hektar, sebuah bangunan bersejarah dengan kubah emas ditampilkan di dalam Rama IX Park. Ini adalah museum yang menghormati kehidupan Raja dengan lukisan, gambar, dan dokumentasi tentang karya kerajaan.

Di sepanjang taman, ada beberapa kios yang menjual makanan ringan dan makanan untuk pengunjung, serta kafe tepi danau tempat Anda dapat makan siang. Di sini Anda bisa menyewa perahu dayung untuk dibawa ke danau dan juga tersedia area bermain untuk anak-anak.

Taman ini buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 7 malam dan biaya masuknya hanya 10 baht. Untuk parkir mobil di dalam sekitar 50 Baht.

Sumber:

Thaiger. City Guide: Top 5 public parks to visit in Bangkok 2022.