AirAsia Buka Rute Baru Bali-Phuket

blog image

TAT, Jakarta - AirAsia telah resmi membuka rute baru Bali-Phuket, yang disambut dengan upacara khusus di Phuket International Airport pada Sabtu (10/08). Ini semakin menambah jumlah penerbangan ke Bangkok, dari yang semula 52 menjadi 90 penerbangan per minggu dari Jakarta, Denpasar (Bali), dan Medan.

Mr. Lertchai Wangtrakuldee, Direktur Kantor TAT Phuket, menyatakan, "Kami senang menyambut rute baru AirAsia antara Bali dan Phuket. Ini menunjukkan tingginya permintaan perjalanan dari Indonesia, yang didorong oleh perekonomian yang kuat. Destinasi favorit wisatawan Indonesia di Thailand, seperti Phuket, menawarkan daya tarik utama seperti kuliner, aktivitas budaya, dan pusat berbelanja."

Penambahan rute Bali-Phuket ini memperkuat hubungan udara antara Thailand dan Indonesia dengan menambah 78.836 kursi penerbangan pada tahun 2024. Ini mencerminkan pemulihan sebesar 81% dibandingkan dengan kapasitas pra-pandemi pada 2019. Hingga 9 Agustus 2024, Thailand telah mencatat 536.720 kedatangan wisatawan dari Indonesia. Diperkirakan, jumlah ini akan mencapai 800.000 wisatawan pada akhir tahun, dengan potensi pendapatan mencapai 21,46 miliar Baht.

Rute baru ini akan dilayani dengan tiga penerbangan per minggu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, menggunakan pesawat Airbus A320 yang berkapasitas 180 kursi. Selain itu, ada 52 penerbangan per minggu ke Bangkok dari tiga kota di Indonesia yang dioperasikan oleh maskapai lain seperti Garuda Indonesia, Thai Airways International, Thai Lion Air, dan Batik Air.

Pembukaan rute ini tidak hanya memperkuat konektivitas antara Bali dan Phuket, tetapi juga memberikan lebih banyak pilihan bagi wisatawan Indonesia yang ingin menjelajahi keindahan dan budaya Thailand.