Bang Sue Grand Station, Masa Depan Kereta Api Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Stasiun pusat yang semula berada di Bangkok, Hua Lamphong, akan dipindahkan ke terminal baru: Bang Sue Grand Station yang berlokasi di distrik Chatuchak, Bangkok. Proyek seluas 1.280 hektar ini mulai dibangun pada tahun 2013, dilengkapi dengan 24 jalur dan dapat menampung hingga 40 kereta sekaligus. Stasiun ini merupakan yang terbesar di seluruh Asia Tenggara.


Peningkatan paling mengesankan yang dilakukan saat pembangunan Stasiun Bang Sue Grand adalah pengenalan platform kereta api berkecepatan tinggi, yang bertujuan untuk menghubungkan Bangkok ke Nong Khai Station di Isan (wilaya timur laut). Ini adalah tujuan kereta api internasional utama dalam rencana jangka panjang untuk menghubungkan Thailand ke tujuan lain seperti Singapura dan Cina.


Untuk penduduk lokal, penggunaan Bang Sue Grand Station sebagai hub diperluas dengan koneksinya ke Airport Rail Link di lantai atas dan sistem MRT di bawah tanah. Sayangnya ada beberapa kemunduran konstruksi selama beberapa tahun terakhir. Perkembangan proyek saat ini sedang membuka beberapa jalurnya untuk masyarakat umum sesegera mungkin di akhir tahun 2021.



Selain membuka Bang Sue Grand Station sebagai hub pusat baru untuk perjalanan kereta api di Thailand, State Railway of Thailand (SRT) juga telah memulai sistem pemesanan online sejak tahun 2020. Sistem baru yang disebut DTiket ini dapat memudahkan dan mempercepat pemesanan tiket kereta api untuk perjalanan domestik di Thailand, yang tersedia dalam bahasa Thailand atau Inggris. Anda dapat mengaksesnya di dticket.railway.co.th. Info lebih lanjut tentang pembangunan Bang Sue Grand Station dapat dilihat di Facebook @BangSueGrandStation.