Bebas Karantina di Thailand dengan Skema Test & Go

blog image

TAT, Thailand - Tahukah Anda jika Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang diizinkan masuk ke Thailand tanpa persyaratan karantina? Kebijakan ini berlaku sejak 1 November lalu dan mencakup 63 negara yang boleh berwisata ke Thailand dengan skema Test & Go.

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan tahun baru di Thailand, berikut informasi lengkap tentang skema Test & Go Thailand untuk diketahui.

Persiapan Berangkat

Untuk masuk ke Thailand dengan skema Test & Go, tentunya ada beberapa dokumen yang harus disiapkan, antara lain:

- Sertifikat vaksinasi (dosis penuh) yang disetujui setidaknya 14 hari sebelum berangkat. Penyintas Covid-19 dalam tiga bulan terakhir harus sudah vaksinasi dosis 1 setidaknya 14 hari sebelum berangkat. Pengunjung berusia kurang dari 12 tahun, berwisata dengan orangtua atau pendamping, dikecualikan dari persyaratan vaksinasi.

- Surat sehat dengan hasil RT-PCR negatif yang berlaku 3x24 jam.

- Bukti pemesanan hotel SHA++ untuk satu malam (daftar hotel bisa dilihat di sini) dan tes RT-PCR satu kali. Biasanya hotel menyediakan paket menginap satu hari dan sudah termasuk tes RT-PCR untuk turis yang datang dengan skema Test & Go.

- Asuransi kesehatan yang mencakup perawatan COVID-19 tidak kurang dari 50.000 USD.

Pengajuan Thailand Pass

Thailand Pass menjadi syarat dokumen yang harus dipenuhi oleh turis yang ingin memasuki Thailand. Berikut panduan untuk mendapatkannya:

1. Daftar melalui tp.consular.go.th

2. Unggah dokumen yang diperlukan beserta visa/izin masuk kembali yang masih berlaku (jika diperlukan). Tunggu 3-5 hari kerja untuk proses persetujuan pengajuan,termasuk sertifikat vaksin dan akomodasi.

3. Konfirmasi persetujuan dan kode QR akan dikirim. Seluruh proses membutuhkan waktu hingga 7 hari kerja.

Tiba di Thailand

1. Menyerahkan kode QR Thailand Pass ke petugas Health Control di bandara untuk dilakukan pemeriksaan, kemudian akan dilanjutkan prosedur imigrasi.

2. Menjalankan tes RT-PCR di akomodasi (hotel SHA++) atau pusat tes yang telah diatur sebelumnya. Anak berusia kurang dari 6 tahun akan menjalani tes saliva.

3. Melanjutkan perjalanan ke hotel dengan jemputan di bandara yang telah diatur. Jarak dari bandara ke hotel dalam 2 jam.

4. Download dan install aplikasi MorChana di hotel.

Selama di Hotel

1. Tunggu hasil tes di kamar hotel. 

2. Jika hasil tes negatif, Anda akan menerima Antigen Test Kit (ATK) untuk tes mandiri COVID-19 setelah keluar dari hotel. 

3. Lakukan tes mandiri COVID-19 pada hari ke-6 dan ke-7. Hasil tes dengan ATK dapat dicatat di aplikasi MorChana. 

4. Disiplin protokol kesehatan dengan jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, cek suhu, tes COVID-19, dan aplikasi peringatan.

Keluar dari Hotel

1. Setelah hasil tes RT-PCR negatif, Anda bisa melanjutkan perjalanan yang sudah direncanakan di Thailand atau ke negara lain.Tentunya, Anda diwajibkan untuk mematuhi pedoman pencegahan COVID-19 yang berlaku di destinasi tujuan masing-masing.

Informasi lebih lengkap mengenai syarat masuk ke Thailand selama pandemi, kunjungi Instagram/Twitter @wisatathailand atau hubungi Kedutaan Besar Thailand di Indonesia.