Beberapa Kosakata yang Dapat Digunakan Ketika Berwisata ke Thailand

blog image

Tidak heran mengapa Thailand memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan Indonesia karena Thailand dan Indonesia memiliki beberapa kemiripan. Tata letak kota Thailand dapat dibilang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, bahkan dalam segi bahasa pun mereka memiliki beberapa kemiripan karena sama-sama berakar dari Sansekerta.

Beberapa kemiripan kosakata Thailand dengan Indonesia seperti kata "kunci" yang di bahasa Thailand menjadi ????? (baca: Kunjae) dan banyak nama buah-buahan yang serupa seperti durian menjadi turian, anggur menjadi angun, dan masih banyak lagi.

Untuk para wisatawan Indonesia yang akan berkunjung ke Thailand, ada baiknya untuk mencari tahu beberapa kata esensial ketiga bepergian di Thailand, seperti kata sapaan dan beberapa pertanyaan. Kata-kata seperti "halo", "maaf", "terima kasih", dan "iya" atau "tidak" setidaknya harus Anda kuasai untuk berinteraksi dengan pedagang Thailand saat Anda berbelanja, apabila Anda diucapkan oleh seorang pria, ditambahkan imbuhan "krab" pada akhir fase dan "kha" apabila diucapkan oleh seorang perempuan, contohnya:

- Halo = Sawaddhii

-  Apa kabar = Sabai dii mai

Maaf = Khothod

-  Terima kasih = Kob kun

Sama-sama = Mai pen rai 

- Sampai jumpa = la gon 

Tolong = Chuay duay

Iya / benar = chai 

- Tidak / bukan = mai chai 

Saya tersesat = chang long taang 

Beberapa kalimat pertanyaan juga berguna ketika Anda travelling untuk menanyakan harga dan menawar harga seperti,

- Berapa harganya? = Raa kaa tao rai?

- Boleh diskon tidak? = Lot dai mai?

Ada ukuran / warna apa saja? = Mii size/sii arai bang?

Source :

- https://www.youtube.com/channel/UC5nr1rEjY-ju8pI_FJos3LQ

- https://www.instagram.com/catatan.mita/