Berbagai Kreasi Masker dari Kain Khas Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan siapa saja agar menggunakan masker saat berada di tempat umum, baik masker bedah atau masker kain. Seiring pandemi COVID-19, masker kain bahkan menjadi "primadona" baru di tengah kelangkaan masker bedah.

Yang menarik adalah, saat ini tersedia banyak variasi warna dan pola masker kain yang terbuat dari kain asli Thailand. Berikut adalah beberapa contoh kreatif masker kain yang dibuat dari tekstil regional di Thailand. Yang mana yang akan Anda pilih? 

1. Kain Tenun Tai Lue dari Thailand Utara

Tai Lue adalah kelompok etnis dari Sipsong Panna di provinsi Yunnan Selatan Cina. Bermigrasi ke selatan dan menetap di banyak daerah pegunungan di Thailand utara, mereka membawa gaya unik dari teknik kain tenun, sebagian besar dilakukan dengan benang katun. Gaya menenun tertentu yang paling dikenal disebut 'Lai Ko' atau 'Lai Nam Lai', yang mencakup proses menggambar dan memutar benang ke dalam berbagai pola.

2. Kain Indigo-Dyed dari Isan

Kain Indigo Thailand atau 'Pha Kram' dapat berupa kain pintal tangan atau kain buatan mesin yang direndam dalam pewarna nila alami, menghasilkan varian warna biru. Biasanya, kain nila berhubungan dengan wilayah timur laut (Isan) Thailand, sebagian besar di provinsi Sakon Nakhon, terutama di komunitas Ban Non Reur dan Don Koi di mana kain nila tradisional masih dibuat.

3. Pha Khao Ma (Loincloth) dari Central

Pha Khao Ma adalah sepotong kain yang biasanya dikenakan di pinggang oleh pria tradisional Thailand. Kain ini memiliki banyak kegunaan - mulai dari pakaian mandi, handuk, tutup kepala, dan kadang-kadang dikreasikan sebagai cradle. Pola khas Pha Khao Ma adalah kotak-kotak dan garis-garis, dengan beberapa variasi pada setiap daerah.

4. Kain Batik dari Thailand Selatan

Batik adalah teknik pewarnaan tahan lilin yang dibuat dengan menggambar pola dalam titik dan garis menggunakan lilin panas untuk mengontrol pewarnaan. Batik tersedia dalam berbagai desain. Sementara sebagian besar dipengaruhi oleh budaya yang berbeda, batik sebagian besar tersedia dalam bentuk alami flora dan fauna.

Informasi dari Facebook Amazing Thailand*