Berkunjung ke Mae Hong Son, ‘Kota Tiga Kabut’ di Thailand Utara

blog image

TAT, Jakarta - Mae Hong Son adalah salah satu provinsi di Thailand yang dikenal sebagai 'Kota Tiga Kabut'. Alasannya karena kota ini dikelilingi oleh pegunungan tinggi bersuhu dingin yang dipenuhi kabut sepanjang tiga musim. Kota ini juga dipenuhi dengan keindahan alam berupa pegunungan, hutan, dan kebun bunga sehingga wajib Anda kunjungi saat berada di Thailand.

Sejak tahun 2018, Anda bisa melakukan perjalanan dengan penerbangan langsung dari Bangkok menuju Mae Hong Son. Namun, Anda juga bisa naik pesawat menuju bandara Internasional Chiang Mai, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik minivan ke stasiun bis Pai (3 jam). Cara kedua bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki banyak waktu untuk berwisata dan ingin menikmati perjalanan sambil melihat keindahan alam sekitar.

Lalu, apa saja hal seru yang bisa Anda lakukan selama di Pai sebelum menuju Mae Hong Son?


1. Pai Canyon

Jika menempuh perjalanan dari bandara Internasional Chiang Mai, Anda mungkin akan tiba pada sore hari sehingga bisa langsung mengunjungi Pai Canyon. Sore hari sebelum matahari terbenam adalah waktu yang tepat untuk Anda menikmati pemandangan alam berbatu dengan celah-celah besar dan punggungan tipis yang terbentuk oleh erosi. Di sini Anda bisa melihat matahari perlahan-lahan turun ke persembunyiannya di balik deretan perbukitan. Sangat indah!


2. Pai Walking Street

Setelah melihat keindahan Pai Canyon, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pai Walking Street yang terletak di sepanjang jalan Chaisongkran dan Rungsiyanon. Tempat ini buka setiap malam mulai pukul 18.00 malam. Di sini Anda akan menemukan banyak makanan lezat (seperti Phat Thai, Khao Soi, mi kari, burger, dan pizza). Ingin berbelanja suvenir, pakaian, seni dan kerajinan? Anda bisa melakukan di sini.


3. Nam Lot Cave

Suasana damai Pai seringkali membuat pengunjung ingin tinggal lebih lama. Tenang saja, Anda bisa menambah perjalanan di Pai sebelum menuju Mae Hong Son, dengan berkunjung ke Nam Lot Cave. Pemandu akan membantu Anda menyusuri dua ruang utama, yaitu Big Column Cave dan Dolls Cave, dengan lampu minyak sebelum menaiki rakit bambu menuju sungai bagian dalam yang terletak di ruang ketiga, Coffin Cave.


4. Ban Jabo

Ban Jabo adalah tempat yang cocok untuk Anda yang ingin makan siang dengan pemandangan indah. Lokasinya berada di puncak pegunungan yang menghadap ke pemandangan alam dipenuhi kabut. Beberapa penduduk lokal menawarkan homestay atau perkemahan dengan tenda yang bisa Anda sewa.

Tempat lain yang harus dikunjungi termasuk Memorial Bridge yang awalnya dibangun oleh Jepang selama Perang Dunia II, Big Buddha putih di puncak bukit Wat Phrathat Mae Yen yang menawarkan panorama indah di atas lembah, Mo Paeng Waterfall di mana Anda dapat berenang di air dan Ban Santichon, dusun Yunnan Cina berjarak 5 kilometer barat laut dan Tha Pai Hot Springs untuk waktu santai mencelupkan kaki Anda ke dalam air panas hangat.

Setelah tiba di tempat tujuan, beberapa tempat berikut bisa Anda jelajahi.


5. Wat Phrathat Doi Kong Mu

Setelah tiba di Mae Hong Son, naiklah ke Wat Phrathat Doi Kong Mu. Dengan dua chedis bergaya Burma, ini adalah landmark tertua di provinsi ini. Di belakang, dekat tempat parkir, ada sebuah kedai kopi kecil dengan tempat yang bagus untuk melihat matahari terbenam. Selain Wat Phrathat Doi Kong Mu, kuil menarik lainnya di kota ini adalah Wat Phra Non dan Wat Hua Wiang.


6. Su Tong Pae

Su Tong Pae berjarak 8 kilometer dari kota. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjalan melewati sawah sepanjang 500 meter dan Mae Sa Nga River. Penduduk lokal membangunnya untuk menghubungkan Ban Kung May Sak ke Wat Tham Pu Sa Ma, sebuah kuil yang terletak di bukit kecil. Sekitar pukul 06.00 pagi, para biksu menerima persembahan dari penduduk desa di atas jembatan.


7. Phu Klon Country Club Health Mud Spa

Ini adalah tempat yang tepat untuk Anda memanjakan diri sambil bersantai di kolam renang air panas yang dikelilingi oleh pohon palem. Spa berada di tepi Route 4001 yang mengarah ke dataran tinggi Ban Rak Thai, permata tersembunyi dengan perkebunan teh Oolong di sekitar danau kecil ini sangat cocok untuk liburan selama 2-3 hari.