Cegah Covid-19, Tentara Thailand Lakukan Desinfeksi Jalan di Bangkok

blog image

TAT, Jakarta - Upaya pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 tidak hanya dilakukan dalam lingkup bandara, tetapi juga di jalan-jalan Bangkok.

Sejak hari Kamis (19/3) lalu, Angkatan Darat dengan bantuan Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA), Polisi Kerajaan dan sukarelawan telah memulai desinfeksi di jalan-jalan Bangkok pada pukul 01.00-05.00 malam, yang akan berlangsung hingga 31 Maret 2020 mendatang. Operasi dilakukan pada malam hari untuk untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

Desinfeksi fokus dilakukan di area padat penduduk dan lalu lintas tinggi; seperti pasar dan zona perdagangan, stasiun transportasi, pelabuhan, fasilitas pendidikan, area aktivitas luar ruangan dan tempat berkumpul publik. 

Pada hari pertama, operasi pembersihan dengan larutan air desinfektan di 11 area:

- Victory Monument;

- Na Phra Lan Road;

- Sanam Luang dan Grand Palace;

- Khao San Road;

- Yaowarat Road;

- Rama I Road antara Pathumwan dan perempatan Ratchaprasong;

- Silom Road;

- BTS Skytrain Mo Chit dan Terminal Bus Mo Chit 2 (Chatuchak);

- Central Plaza Lat Phrao;

- The Mall Tha Phra;

- Taksin Bridge; dan

- Central Plaza Chaeng Wattana.

Operasi desinfeksi dilakukan sebagai tindak lanjut dari anjuran pemerintah Thailand untuk menghentikan dan menutup sementara tempat hiburan, fasilitas olahraga dan sekolah selama dua minggu guna membatasi pergerakan orang; sehingga memungkinkan pihak berwenang untuk secara efektif menahan penyebaran COVID-19.