Chon Buri Masuk ke MICHELIN Guide Thailand 2025

blog image

TAT, Jakarta - Bertambah lagi provinsi di Thailand yang masuk ke dalam daftar MICHELIN Guide. Kali ini, Provinsi Chon Buri akan ditampilkan dalam MICHELIN Guide Thailand 2025. Edisi ke-8 rencananya akan dirilis pada akhir tahun 2024.

Chon Buri menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan. Terutama bagi mereka yang mencari suasana tenang dan tidak jauh dari Bangkok, karena jaraknya hanya sekitar 80 kilometer dan dapat diakses dengan transportasi publik.

Beberapa destinasi favorit dan terkenal di Chon Buri, diantaranya Bang Saen, Pattaya, dan Ko Lan. Di sana Anda akan menemukan pantai-pantai indah, kuil, pertunjukan budaya lokal, serta festival dan beragam aktivitas lainnya.

MICHELIN Guide Thailand telah memainkan peran penting dalam mempromosikan kekayaan kuliner Thailand ke seluruh dunia, mengukuhkan negara ini sebagai salah satu tujuan wisata gastronomi utama.

Karena itu, Gubernur TAT, Ms. Thapanee Kiatphaibool, mengatakan bahwa masuknya Chon Buri ke MICHELIN Guide Thailand 2025 akan memberikan keuntungan bagi negara dan provinsi itu sendiri, "yakni dengan meningkatkan nilai pasar gastronomi lokal, menghasilkan pendapatan bagi masyarakat lokal, dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional."

Hal ini sejalan dengan strategi Thailand dalam mempromosikan lima kekuatan utamanya (soft power), yaitu makanan (food), mode (fashion), film, beladiri (fight), dan festival, untuk mempercepat daya saing global Thailand dalam hal pariwisata.

Sebelumnya, beberapa provinsi lain telah masuk ke daftar MICHELIN Guide Thailand, yaitu Bangkok (2018), Phuket dan Phang-Nga (2019), Chiang Mai (2020), Phra Nakhon Si Ayutthaya (2022), Isan (2023), serta Ko Samui dan Surat Thani (2024).