Festival Bun Luang dan Phi Ta Khon 2024: Keajaiban Topeng dan Tradisi di Loei

blog image

TAT, Jakarta - Setiap tahun, Thailand menyelenggarakan acara budaya penuh warna dan magis yang dikenal sebagai Festival Bun Luang dan Phi Ta Khon. Tahun ini, perayaan yang dinanti-nantikan ini akan berlangsung pada 7-9 Juli 2024 di distrik Dan Sai, provinsi Loei.

Ini adalah perayaan penuh warna dan budaya, di mana Anda akan melihat penduduk lokal menarik dan berpose sambil mengenakan topeng besar yang dibuat secara kreatif dari batang pohon kelapa yang diukir, dengan penutup dari keranjang anyaman untuk nasi ketan yang membuat mereka tampak lebih tinggi dan lebih mengerikan.

Selain parade topeng, Anda juga bisa mengikuti kegiatan lain yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya termasuk ritual tradisional dan upacara Buddha di Wat Phon Chai, seperti pembacaan tiga belas khotbah Phra Vessandorn yang menceritakan kehidupan sebelumnya dari Buddha. Ada juga kontes menarik, seperti kompetisi tari topeng Phi Ta Khon yang dapat memikat hati para pengunjung. Pasar khusus yang menjual makanan dan kerajinan lokal, pertunjukan musik live, hingga pertunjukan budaya akan semakin menambah keunikan dan daya tarik perayaan ini.

Kegiatan hari pertama dimulai dengan pemberian makanan kepada biksu, upacara pemanggilan roh, upacara budaya, dan pertunjukan panggung. Hari kedua dibuka resmi di depan Kantor Distrik Dan Sai, diikuti parade besar Phi Ta Khon, pembuatan kebajikan, dan peluncuran roket bambu. Hari terakhir diisi dengan 13 khotbah Buddha berturut-turut di Wat Phon Chai dan parade khotbah Buddha dari semua desa, menciptakan suasana penuh hikmat dan refleksi spiritual.

Festival Bun Luang dan Phi Ta Khon adalah kesempatan sempurna untuk merasakan budaya Thailand yang autentik dan kaya akan tradisi. Jadi, pastikan Anda menjadi bagian dari perayaan budaya yang tak terlupakan ini!

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Kantor TAT Loei di Tel. +66 (0) 4281 2812; +66 (0) 4281 1405 atau melalui Email: tatloei@tat.or.th