Kabar Baik, Pantai Maya Bay Kembali Dibuka per Januari 2022

blog image

TAT, Jakarta - Pantai Maya Bay kembali dibuka per Januari 2022 setelah sempat tiga tahun ditutup. Pantai yang dikenal dengan pasir putihnya semakin populer setelah muncul di film The Beach (2000) yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

Penutupan Maya Bay sejak tahun 2018 dikarenakan adanya pemulihan ekosistem untuk memperbaiki terumbu karang dan area pantai yang rusak akibat aktivitas pengunjung yang memenuhi pantai. Sebelum ditutup, rata-rata pengunjung pantai mencapai 4.000  dan 200 perahu setiap harinya. Jumlah tersebut melebihi kapasitas sehingga kerusakan tidak dapat dihindari.

Kabar baiknya, ekosistem pantai sudah pulih dan pantai dapat kembali dibuka untuk publik. "(Saat ini) hiu-hiu sudah kembali, terumbu karang telah tumbuh, dan air pantai kembali jernih" kata Gubernur TAT, Yuthasak Supasorn, kepada Reuters. "Hal ini menunjukkan bahwa alam akan kembali pulih ketika kita memberikan waktu jeda dan menjaganya dengan baik", tambahnya.

Pembukaan kembali Maya Bay disertai dengan peraturan yang wajib ditaati oleh pengunjung agar kelestarian pantai dan teluk terjaga. Jumlah pengunjung juga akan dibatasi maksimal 374 orang pada satu waktu. Untuk saat ini, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di pantai. Bahkan, kapal hanya diizinkan berlabuh di belakang teluk untuk menghindari kerusakan terumbu karang. Bahkan, pantai hanya boleh diakses dengan perahu dari lokasi terdekat seperti Phuket, Phi-Phi, dan Krabi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pariwisata Thailand di masa pandemi, kunjungi Instagram/Twitter @wisatathailand atau hubungi Kedutaan Besar Thailand di Indonesia.

Informasi dari www.bangkokpost.com*