Lama Karantina di Thailand Berkurang Jadi 7-10 Hari

blog image

TAT, Jakarta - Mulai 1 April lalu, lama karantina di Thailand berkurang menjadi 7-10 hari. Karantina selama 7 hari berlaku untuk turis yang telah divaksinasi dengan dosis penuh dan 10 hari untuk turis yang berasal dari negara tanpa kasus mutasi virus SARS-Cov-2 baru.

Sertifikat karantina akan dikeluarkan bagi Anda yang telah divaksinasi. Dengan syarat vaksin tersebut harus disetujui dan terdaftar di Ministry of Public Health, Thailand dan disetujui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Vaksin yang saat ini diterima (per 31 Maret 2021) adalah:

- Vaksin ARS-CoV-2 (CoronaVac) oleh Sinovac (2 dosis)

- AZD1222 oleh AstraZeneca/Oxford (2 dosis)

- AZD1222 oleh SK BIOSCIENCE-AstraZeneca/Oxford (2 dosis)

- BNT162b2/CORMIRNATY-Tozinameran (INN) oleh Pfizer/BioNTech (2 dosis)

- Covishield (ChAdOx1_nCoV19) oleh Serum Institute of India (2 dosis)

- COV2.S oleh Janssen Pharmaceutical Companies of Johnson & Johnson (1 dosis)

- mRNA-1273 oleh Moderna (2 dosis).

Vaksinasi harus dilakukan maksimal 14 hari sebelum tanggal keberangkatan. Karantina 10  hari juga diberlakukan untuk Anda yang tidak memiliki sertifikat vaksin (meskipun sudah mendapatkannya) atau belum menyelesaikan vaksinasi penuh.

Karantina 14 hari tetap berlaku untuk orang-orang yang datang dari 11 negara dengan mutasi dan varian baru SAR-CoV-2 seperti yang diumumkan oleh MoPH (per 31 Maret 2021), yaitu, Botswana, Kamerun, Kongo, Ghana, Kenya, Mozambik, Rwanda, Afrika Selatan, Tanzania, Zambia, dan Zimbabwe. Daftar negara dapat berubah mengikuti perkembangan terbaru.

Agar dapat masuk ke Thailand, turis internasional harus memenuhi persyaratan berikut:

- Visa atau izin masuk kembali

- Certificate of Entry (COE)

- Asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan COVID-19 minimal $100.000

- Bukti pemesanan hotel Alternative State Quarantine (ASQ)

- Surat keterangan hasil RT-PCR negatif (maksimal 72 jam sebelum keberangkatan)

Setibanya di Thailand, Anda akan menjalani tes RT-PCR sebanyak 2 kali selama karantina. Anda dapat bertanya ke Kedutaan Besar atau Konsulat Kerajaan Thailand negara asal untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan kedatangan ke Thailand.