Makanan Thailand Semakin Populer di Kalangan Wisatawan Cina

blog image

TAT, Jakarta - Thai food jadi yang makanan asing terpopuler ke-4 di Cina, setelah makanan barat, Jepang, dan Korea. Jumlah wisatawan Cina yang berkunjung ke Thailand bahkan terus meningkat, sejak Cina kembali dibuka bagi turis internasional sejak awal 2023.

Dikutip dari laporan di Dianping, Anucha Burapachaisri, Wakil Sekretaris Jenderal Perdana Menteri dan Juru Bicara Pemerintah, mengatakan bahwa salah satu platform terkemuka untuk layanan gaya hidup di Cina menunjukkan bahwa jumlah restoran Thailand di Beijing telah meningkat tiga kali lipat selama tiga tahun terakhir. Resto tersebut menyajikan berbagai jenis makanan Thailand, mulai dari jajanan kaki lima hingga makanan khas kerajaan seperti tom yam kung (sup udang pedas).

Anucha mengungkapkan bahwa kepopuleran ini menggambarkan kesuksesan Thailand dalam mempromosikan budaya makanan lokal, yang menciptakan lebih banyak nilai ekonomi, sebagai respons dari kebijakan 'Thai Kitchen to the World'. Ia juga mengatakan bahwa banyak dari mereka yang mencoba makanan Thailand di restoran maupun memasak sendiri di rumah karena bahan baku untuk menyiapkannya kini tersedia di Cina.

Pemasangan logo 'SELECT' untuk restoran Thailand juga turut meningkatkan kepercayaan orang Cina untuk mencobanya. Ini merupakan sertifikasi yang diberikan oleh Kementerian Perdagangan Thailand untuk menjamin rasa otektik produk makanan Thailand dan restoran Thailand yang berlokasi di Thailand maupun luar negeri. Sertifikasi tersebut diberikan kepada restoran yang menyajikan makanan asli Thailand dengan cita rasa kualitas premium, dekorasi yang apik, dan pelayanan prima.

Anucha kembali menjelaskan tentang makanan sebagai salah satu soft-power untuk memperkenalkan budaya Thailand ke dunia, termasuk Cina yang merupakan salah satu pasar terbesar Thailand. Thailand bahkan telah menjadi produsen dan pengekspor bahan makanan utama, dan pemerintah terus memperluas peluang pemasaran bagi pengusaha Thailand dan pelaku bisnis restoran di dalam negeri dan luar negeri.

Terhitung sejak 1 Januari hingga 18 Mei 2023, Thailand telah menyambut lebih dari 1 juta turis Cina. Diprediksi jumlahnya melebih 5 juta hingga akhir tahun 2023. Peningkatan jumlah turis Cina ke Thailand ini diharapkan dapat mendorong perekonomian Thailand dan memulihkan industri penerbangan Thailand.

Sumber: https://thailand.prd.go.th/