Maya Bay, Tempat Wisata Populer di Krabi Buka Kembali 2022

blog image

TAT, Jakarta - Maya Bay, pantai indah yang berada di Phi Phi Leh Provinsi Krabi, akan kembali dibuka untuk pengunjung pada 1 Januari 2022. Pantai ini menjadi populer setelah muncul dalam film The Beach (2000) yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

Dibukanya kembali Maya Bay seiring dengan perbaikan infrastruktur, fasilitas, dan sistem setelah ditutup lebih dari 3,5 tahun. Penutupan Maya Bay pada Juni 2018 tidak berkaitan dengan situasi pandemi, melainkan karena peremajaan untuk merestorasi gugusan terumbu karang yang rusak.

Pada Juni 2017, jumlah pengunjung Maya Bay hampir mencapai 5.000 orang per hari. Ini merupakan rekor terbanyak dan menjadi salah satu penyebab rusaknya terumbu karang dan biota laut lain. Oleh karenanya, berbagai perbaikan dilakukan untuk menyambut pengunjung Maya Bay setelah dibuka kembali dengan tetap menjaga ekosistem darat dan laut.

Selama pantai ditutup, petugas telah menanam pohon dan terumbu karang baru di pantai untuk mencegah erosi. Untuk pemulihan terumbu karang, dermaga baru di Loh Samah Bay disediakan di seberang pulau bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Maya Bay. Area berenang juga akan ditentukan dan jumlah pengunjung dipantau untuk mencegah kerusakan ekosistem darat dan laut.

Meski baru dibuka kembali 2022 mendatang, Anda sudah bisa mulai merencanakan perjalanan Anda ke Thailand, termasuk Maya Bay. Informasi syarat masuk ke Thailand saat pandemi bisa Anda dapatkan melalui Instagram dan Twitter @wisatathailand atau hubungi Kedutaan Besar Thailand di Indonesia.