Mengenal Perawatan Kesehatan Tradisional ala Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Ada banyak hal menarik yang bisa Anda eksplor selama berada di Thailand, termasuk kearifan lokal bidang kesehatannya. Jika Anda sedang berkunjung ke Thailand, selain ke pantai dan pasar malam, coba perawatan kesehatan tradisional di lima wilayah kerajaan berikut:

Bagian Pusat - Abhaibhubejhr Day Spa and Museum di Prachin Buri

Provinsi Prachin Buri dikenal dengan tanaman herbal dan obat-obatan tradisionalnya, sehingga sering disebut sebagai kota herbal Thailand. Bangunan bergaya arsitektur Barok di kota Prachin Buri ini dulunya pernah digunakan sebagai ruang resepsi untuk Raja Rama VI dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya.

Anda bisa membeli obat herbal olahan Abhaibhubejhr di sini. Setelah menjelajahi Museum, Anda dapat pergi ke Abhaibhubejhr Day Spa untuk mencoba terapi api perut 'Pao Ya', yang merupakan pengobatan tradisional untuk mengurangi gangguan pencernaan dan alergi.

Timur Laut - Retret Meditasi Timur Laut ala Buddha

Bagi yang tertarik untuk melakukan retret meditasi Buddhis, Anda dapat berkunjung ke kuil di Timur Laut Thailand. Retret multi-hari biasanya dilakukan saat matahari terbit (pukul 05.00) dan Anda tidak diperbolehkan makan setelah tengah hari. Anda akan tinggal di akomodasi dasar, mengenakan pakaian putih yang tidak transparan, serta mengikuti Delapan Sila (atau dalam beberapa kasus hanya Lima Sila Moral) dan melakukan beberapa tugas harian. Kemungkinan akan ada kombinasi antara meditasi duduk dan berjalan, sambil Anda mendengarkan pembicaraan Dhamma dan bertemu instruktur.

Bagi Anda yang khawatir tentang hambatan komunikasi, silahkan berkunjung ke Wat Pah Nanachat di Ubon Ratchathani, yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Yang perlu dicatat adalah, Anda perlu datang lebih awal (sekitar pukul 3.00) jika ingin berkunjung ke sini, serta para pria yang tinggal lebih dari seminggu diharapkan untuk mencukur rambut dan alis.

Selatan - Ranong Hot Springs

Terletak di lanskap taman yang menyenangkan, ada tiga mata air alami dengan suhu air berbeda, dari yang menenangkan (suhu 40 derajat Celcius) hingga agak panas (suhu 65 derajat Celcius). Setelah dilakukan renovasi dalam beberapa tahun terakhir, Anda akan menemukan hotel butik kecil di dekatnya saat berada di sini.

Sedikit lebih jauh dari kota adalah Pornrang Hot Springs, tempat yang lebih tenang dan terletak tepat di dalam Ngao Waterfall National Park. Ada sungai yang mengalir di dekat mata air panas. Anda bisa berenang di sungai dengan suhu air yang dingin, kemudian pergi ke mata air untuk menghangatkan diri.

Timur - Chong Chang Tune Live di Trat

Anda akan merasakan sensasi mandi uap dengan posisi duduk di dalam kandang ayam hanya dengan kepala menyembul keluar. Ini adalah perawatan eksotis yang dapat dinikmati di Chong Chang Tune Live Ecomuseum, terletak di distrik Bo Rai, sekitar 50 menit perjalanan dengan mobil dari kota Trat.

Jamu yang digunakan di pemandian uap kandang ayam biasanya dikumpulkan dari desa di sekitar. Setelah mandi uap, Anda bisa mencoba lulur badan wangi lumpur putih di sungai terdekat.

Utara - Ban Rai Kong Khing di Chiang Mai

'Yam Khang' adalah teknik pijat gaya Lanna tradisional yang telah diturunkan dari generasi ke generasi, juga dikenal sebagai terapi api tradisional Thailand. Pemijat (biasanya laki-laki) menggunakan telapak kaki setelah dicelupkan ke dalam campuran herbal dan minyak yang dipanaskan dengan cara tertentu - pada titik-titik tekanan tubuh. Perawatan ini ditujukan untuk merilekskan otot dan tendon, serta mengatasi nyeri tulang dan mati rasa.

Pijat Yam Khang dianggap semacam praktik suci, sehingga hanya ada di tempat-tempat tertentu, salah satunya di Ban Rai Kong Khing di distrik Hang Dong, membutuhkan sekitar 30 menit berkendara dari kota Chiang Mai.

Selain pijat Yam Khang, Anda juga bisa mengikuti kegiatan lain, seperti belajar memasak hidangan lokal, membuat kerajinan tangan, dan menjelajahi daerah Ban Rai Kong Khing dengan sepeda selama berada di sini.