Menjelajah ke Museum dan Kuil Bersejarah di Thailand Selatan

blog image

TAT, Jakarta - Thailand Selatan terkenal dengan pantai-pantai indahnya yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Beberapa yang paling terkenal adalah pantai di provinsi Phuket, Koh Samui, Koh Phi-Phi, Koh Lipe, dan Koh Tao. Kabar baiknya, beberapa wilayah di Thailand Selatan (seperti Phuket, Surat Thani, dan Phang-Nga) saat ini sudah bisa dikunjungi tanpa karantina melalui skema Program Sandbox.

Bagi Anda yang ingin berwisata sambil menikmati keindahan alam dan belajar tentang warisan budaya Thailand, di sinilah tempatnya. Berikut ini  beberapa museum dan kuil bersejarah yang bisa Anda temukan di Thailand Selatan:

1. Wat Phranang Sang, Phuket

Wat Phra Nang Sang dibangun lebih dari 200 tahun yang lalu dan awalnya dikenal sebagai Wat Takian. Ini merupakan salah satu kuil Thailand tertua di Phuket. Kuil yang tidak biasa ini dibangun ketika Thalang adalah kota utama Pulau Phuket dan bahkan menjadi arena medan perang selama perang Burma pada tahun 1785. Anda bisa datang ke kuil setiap pukul 6 pagi sampai 5 sore.

2. Wat Phra Thong, Phuket

Wat Phra Thong yang berarti 'Kuil Patung Buddha Emas' adalah kuil yang sangat tua dengan legenda luar biasa di baliknya. Kuil ini tidak terlalu besar, tetapi memiliki kesan tersendiri bagi pengunjung yang ingin datang berdoa sambil melihat patung Buddha emas berukuran besar yang tampak muncul dari tanah. Kuil ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Phuket dan buka pukul 7 pagi sampai 5 sore.

3. Chaiya National Museum, Surat Thani

Chaiya National Museum berlokasi di Tambon Wiang, di seberang Wat Phra Borommathat Chaiya Ratchaworawihan. Museum dibuka untuk umum pukul 8 pagi sampai 4 sore dan tutup setiap Senin, Selasa, dan hari libur nasional. Tiket masuk museum sekitar 100 Baht.

Di sini Anda akan menemukan koin dan keramik Tiongkok yang sebelumnya digali dari era Tang dan Soong selatan, Di bagian depan museum Anda akan melihat pahatan batu dan perunggu yang digali dari kota tua Chaiya seperti arca Wisnu dan Bodhisattva Avalokitesvara. Banguan kedua menampilkan bukti dan artefak prasejarah dari periode protosejarah Dvaravati, Sriwijaya, Lop Buri, Sukhothai, dan Ayutthaya.

4. Wat Phra Mahathat Wora Maha Wihan, Nakhon Si Thammarat

Ini merupakan kuil kerajaan kelas satu dan yang terpenting di Thailand, dulunya bernama Wat Phra Borom That. Kuil buka setiap hari pukul 8.30 pagi sampai 4 sore. Tidak ada biaya tiket masuk sehingga Anda bisa masuk ke kuil secara gratis.

Kuil ini bergaya khas Sri Lanka dengan tinggi 55,78 meter. Ketinggian dari dasar teratai ke puncak emas adalah 6,80 meter. Bagian atasnya seluruhnya dilapisi emas murni. Di dalam candi terdapat banyak bangunan terutama bangunan kerajaan yang memiliki arsitektur indah dari periode Ayutthaya dan bangunan Sam Chom di mana Phra Si Thamma Sokarat, patung Buddha yang mengenakan pakaian kerajaan, ditempatkan. Ada juga gedung Phra Maha Phinetkrom (gambar berkuda) dan gedung Thap Kaset. Selain itu, bangunan Khian dan Pho Lanka digunakan untuk memajang artefak yang disumbangkan ke kuil oleh umat Buddha.

5. Nakhon Si Thammarat National Museum, Nakhon Si Thammarat

Nakhon Si Thammarat National Museum dulunya terletak di kawasan Wat Suan Luang. Saat ini museum terletak di Tambol Nai Muang, Amphur Muang, Nakorn Si Thammarat, 1 kilometer dari Viharn Wat Phramahatad. Museum buka setiap hari dari Rabu sampai Minggu pukul 9 pagi sampai 4 sore. Tiket masuk ke museum sekitar 30 Baht (orang Thailand) dan 150 Baht (wisatawan asing). Di sini Anda akan menemukan banyak peninggalan kuno bersejarah.

6. Wat Rat Uppatham, Phang Nga

Kuil terletak di bukit Khao Lan di Tambon Bang Riang, 11 kilometer dari kantor Distrik Thap Put di Jalan Phetkasem, dan buka pukul 8 pagi sampai 5 sore. Kuil ini memiliki beberapa bangunan termasuk pagoda berbentuk lonceng yang disebut Chedi Phutthathambanlue. Pagoda puncak bukit menghadap ke pegunungan dan perbukitan yang mengelilinginya serta patung Buddha besar dan patung Dewi Tiongkok Guan-yin.

Tentunya, masih banyak museum dan kuil yang bisa Anda temukan di Thailand Selatan selain pantai-pantai indah yang memanjakan mata. Jika saat ini Anda sedang berencana untuk berwisata ke Thailand dengan skema Program Sandbox, dapatkan informasi lengkapnya melalui Instagram/Twitter @wisatathailand atau Kedutaan Besar Thailand di Indonesia.

Sumber:

-https://www.bangkokpost.com/travel/2242899/explore-thailands-historical-south

-https://www.tourismthailand.org/