Mulai 1 Juni, Ini Aturan Baru Masuk Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Pemerintah Thailand terus melakukan pembaharuan kebijakan mengenai aturan masuk wisatawan internasional ke negaranya. Berikut ini aturan terbaru yang telah diberlakukan per 1 Juni 2022 untuk wisatawan yang sudah vaksinasi maupun belum vaksinasi lengkap. Simak informasi lengkapnya di sini.

Sebelum Keberangkatan

Untuk kamu yang sudah vaksinasi lengkap, dokumen yang perlu disiapkan antara lain:

  1. Paspor yang masih valid minimal 6 bulan

  2. Thailand pass yang diajukan melalui consular.go.th

  3. Asuransi tidak kurang dari US$10,000 yang mencakup biaya perawatan COVID-19

  4. Sertifikat vaksinasi COVID-19 dengan ketentuan:

    Usia 18 tahun ke atas wajib sudah vaksinasi lengkap dengan jenis vaksin yang disetujui setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan.

    - Usia 5 sampai 17 tahun yang bepergian ke Thailand tanpa pendamping harus sudah vaksinasi dosis pertama setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan. Syarat dikecualikan bagi mereka yang didampingi oleh orang tua.

    Penyintas COVID-19 yang sudah vaksinasi dosis pertama harus menunjukkan surat keterangan sembuh dari COVID-19 dari dokter.

    Bagi wisatawan yang belum vaksinasi lengkap atau belum divaksin, persyaratan dan dokumen yang perlu disiapkan untuk memasuki Thailand meliputi:

  1. Paspor yang masih valid minimal 6 bulan

  2. Thailand pass yang diajukan melalui consular.go.th

  3. Asuransi tidak kurang dari US$10,000 yang mencakup biaya perawatan COVID-19

Saat Keberangkatan

Setibanya di Thailand, kamu akan menjalani pemeriksaan masuk di bandara kedatangan yang meliputi pengecekan suhu tubuh dan dokumen kesehatan.

Bagi yang sudah vaksinasi lengkap dapat melanjutkan perjalanan ke mana pun, sementara yang belum vaksinasi lengkap/belum divaksin perlu menjalani tes RT-PCR atau dengan Antigen Test Kit (ATK) dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan. Hasil tes yang negatif dapat diunggah di sistem Thailand Pass untuk bisa bepergian di Thailand.

Apabila tidak mengunggah hasil tes negatif, maka wisatawan yang belum vaksinasi lengkap/belum divaksin perlu menjalani karantina sesuai ketentuan yang berlaku.

Setibanya di Thailand

Semua wisatawan yang datang ke Thailand perlu mematuhi ketentuan keselamatan dan kesehatan yang berlaku, termasuk disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Apabila selama perjalanan mengalami gejala COVID-19, disarankan untuk segera melakukan tes dan jika hasil positif harus mendapatkan perawatan medis yang sesuai.