Mulai 1 September, Pendaftaran Visa Jangka Panjang Dibuka

blog image

TAT, Jakarta - Thailand menawarkan perpanjangan visa hingga 10 tahun kepada turis asing, termasuk layanan bandara jalur cepat, izin masuk kembali, dan izin bekerja melalui “Long-Term Resident (LTR)”. Pendaftaran mulai dibuka 1 September 2022.

Mr. Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT Thailand, mengatakan, “Visa jangka panjang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik Thailand bagi turis asing 'berpotensi tinggi' sebagai pusat regional untuk tinggal dan berbisnis. Visa ini juga akan membantu promosi Thailand sebagai tujuan 'Remote Worker Friendly' dan membantu pemerintah dalam memanfaatkan segmen yang ditargetkan. Hal ini diharapkan dapat menarik bakat dan keahlian asing yang dapat berkontribusi pada pengeluaran domestik serta mendukung pertumbuhan ekonomi. Dengan visa jangka panjang, pemerintah Thailand ingin menarik satu juta turis asing berpenghasilan tinggi ke Thailand dalam lima tahun ke depan.”

Visa LTR tersedia untuk empat kategori orang asing:

  1. Warga asing sejahtera - memiliki total aset tidak kurang dari US$1 juta, pendapatan pribadi tidak kurang dari US$80 ribu per tahun dalam dua tahun terakhir, yang berinvestasi di Thailand tidak kurang dari US$500 ribu.
  2. Pensiunan asing - memiliki pendapatan pribadi tidak kurang dari US$80.000 per tahun.
  3. Profesional bekerja-dari-Thailand - memiliki penghasilan pribadi minimal US$80.000 per tahun dalam dua tahun terakhir, pengalaman kerja tidak kurang dari lima tahun, dan bekerja di perusahaan yang terdaftar secara hukum dengan pendapatan tidak kurang dari US$150 juta dalam tiga tahun terakhir.
  4. Profesional yang sangat terampil - memiliki pendapatan pribadi tidak kurang dari US$80.000 per tahun, terampil dalam industri target, dan memiliki pengalaman kerja tidak kurang dari lima tahun.
  5. Pasangan dan anak-anak di bawah usia 20 tahun dari pemegang visa LTR juga memenuhi syarat (hingga empat tanggungan per pemegang visa).

Visa LTR menawarkan banyak manfaat bagi pemegangnya. Ini adalah:

  1. Visa dengan masa berlaku 10 tahun (yang dapat diperpanjang)
  2. Persyaratan untuk melapor ke imigrasi setahun sekali, bukan setiap 90 hari
  3. Layanan jalur cepat di bandara internasional di Thailand
  4. Beberapa izin masuk kembali
  5. Izin bekerja di Thailand (izin kerja digital)
  6. Pengurangan tarif pajak penghasilan pribadi menjadi 17% untuk profesional terampil
  7. Pengecualian dari rasio persyaratan kerja 4 orang Thailand terhadap satu orang asing

Untuk informasi lebih lanjut tentang visa LTR dan untuk mendaftar, silakan kunjungi https://ltr.boi.go.th/index.html