Nakhon Ratchasima Dapat 'Triple Crown' dari UNESCO

blog image

TAT, Jakarta - Memiliki tiga program konservasi alam, Nakhon Ratchasima mendapatkan 'Triple Crown' dari UNESCO. Program yang dimaksud, yaitu Dong Phayayen - Khao Yai Forest Complex (World Heritage Site), Sakaerat Biosphere Reserve (Man and Biosphere Reserve), dan Khorat Geopark (Global Geopark).

Khorat Geopark baru terpilih sebagai Global Geopark UNESCO tahun ini (17/05), lokasinya berada di provinsi Timur Laut Nakhon Ratchasima. Pemilihan ini didasarkan pada nilai warisan geologi Khorat Geopark, termasuk penciptaan perusahaan lokal yang inovatif, pekerjaan baru, serta kursus pelatihan sebagai sumber pendapatan baru penduduk lokal melalui ekowisata, dengan tetap melindungi sumber daya geologi yang dimiliki.

Khorat Geopark terletak di Cekungan Lam Takhong bagian tengah hingga bawah. Ini mencakup lima distrik, yaitu Sikhio, Sung Noen, Kham Thale So, Mueang Nakhon Ratchasima, dan Chaloem Phra Kiat. Sungai utama yang mengalir melalui geopark adalah Sungai Lam Takhong. Iklimnya tropis basah dan kering, dan vegetasi alami sebagian besar adalah hutan dipterokarpa kering dan hutan cemara kering.

Acara 'Geopark and Fossil Festival 2023' telah diselenggarakan di Korat Hall, Pusat Perbelanjaan di Nakhon Ratchasima pada 8-10 Juni untuk merayakan terpilihnya Khorat Geopark sebagai Global Geopark dan Nakhon Ratchasima yang mendapatkan 'Triple Crown' dari UNESCO. Ini bertepatan dengan anniversary ke-55 Khorat yang perayaannya berlangsung sepanjang Juni.

Sumber: https://thailand.prd.go.th/