Pembatasan di Zona Covid-19 Merah Tua Dilonggarkan Sejak 1 September

blog image

TAT, Jakarta - Setelah sempat diberlakukan pembatasan aktivitas, per 1 September 2021, pemerintah Thailand memutuskan untuk melakukan pelonggaran di 29 provinsi zona merah tua hingga pemberitahuan lebih lanjut. Ini berarti banyak sektor bisnis dan pelayanan yang bisa kembali beroperasi, diantaranya:

- Restoran dan tempat makan, termasuk yang berada di dalam pusat perbelanjaan atau tempat serupa, sudah diperbolehkan untuk melayani makan di tempat (dine in) hingga jam 8 malam. Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50% untuk restoran ber-AC dan 75% untuk restoran di tempat terbuka. Meski begitu, pengunjung tetap tidak boleh membeli dan mengonsumsi alkohol di tempat.

- Salon rambut dan kecantikan, termasuk toko pijat kesehatan dan spa, bisa kembali dibuka untuk melayani pijatan kaki.

- Pasar buka seperti biasa hingga jam 8 malam.

- Pusat perbelanjaan, mal komunitas, dan tempat serupa dapat kembali beroperasi hingga jam 8 malam dengan ketentuan: pengunjung dapat membuat janji temu terlebih dahulu sebelum datang ke klinik kecantikan dan kesehatan, salon rambut dan kecantikan (satu jam per pelanggan), serta toko pijat kesehatan dan spa (hanya untuk layanan pijat kaki). Sekolah tutorial, bioskop, taman air dan taman hiburan, kolam renang, pusat kebugaran, pusat permainan, serta kegiatan perjamuan dan pertemuan tetap ditutup.

- Ruang publik seperti taman umum, lapangan dan kompleks olahraga, serta kolam renang terbuka dapat dibuka sampai jam 8 malam. Kompetisi diperbolehkan selama tidak ada penonton.

- Semua jenis lembaga pendidikan.

Rumah sakit, fasilitas kesehatan, klinik kesehatan, apotek, toko, pabrik, layanan perbankan dan keuangan, ATM, layanan telekomunikasi, layanan perangko dan parsel, toko makanan hewan, toko bahan bangunan dan perlengkapan konstruksi, toko yang menjual aneka kebutuhan, toko gas untuk memasak, pompa bensin, dan layanan pengiriman online terus dibuka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sementara itu, semua jenis tempat hiburan diperintahkan untuk tetap ditutup hingga pemberitahuan selanjutnya.

Perjalanan Antar Provinsi dan Pertemuan

Perjalanan antar provinsi saat ini diperbolehkan. Meski begitu, pemerintah menganjurkan agar masyarakat menghindari perjalanan yang tidak perlu. Angkutan umum bisa beroperasi dengan kapasitas penumpang maksimal 75% dengan menerapkan jarak sosial.

Pertemuan yang berpotensi menimbulkan kerumunan sebaiknya dihindari, tetapi pemerintah telah memberikan kelonggaran jumlah maksimal orang menjadi:

- Zona merah tua: Pertemuan tidak boleh lebih dari 25 orang

- Zona merah: Pertemuan maksimal dihadiri oleh 50 orang

- Zona oranye: Tidak ada pertemuan lebih dari 100 orang

Jam Malam Tetap Diberlakukan

Meski sudah diberikan kelonggaran, pemerintah tetap menerapkan pembatasan jam malam antara pukul 21.00 sampai 04.00 WIB. Peraturan ini berlaku mulai 1 hingga 14 September di 29 provinsi zona merah tua. Semua karyawan instansi pemerintah dan perusahaan swasta juga diminta untuk bekerja dari rumah (WFH) selama dua minggu ke depan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai situasi pandemi Covid-19 di Thailand, Anda bisa mengunjungi website tatnews.org, Facebook @tatnews.org, dan Twitter @tatnews_org.