Per April 2022, Biaya Masuk Senilai 300 Baht Akan Berlaku di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Mulai April 2022, pemerintah Thailand akan mengenakan biaya tambahan senilai 300 Baht untuk wisatawan yang masuk ke Thailand. Rencana ini masuk ke dalam program "Amazing Thailand New Chapter" yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand.

Rencananya, biaya tambahan tersebut akan digunakan untuk pemeliharaan dan pengembangan tempat-tempat wisata, sekaligus dijadikan sebagai asuransi kecelakaan dan jiwa (berlaku selama 45 hari) bagi para wisatawan untuk berjaga-jaga dari risiko kecelakaan atau kematian saat berwisata di Thailand.

Sejumlah biaya medis hingga 500.000 Baht dapat diklaim jika wisatawan mengalami kecelakaan, atau senilai 1.000.000 Baht untuk kompensasi kematian kepada keluarga. Kabar baiknya, tambahan biaya sudah termasuk dalam tiket pesawat, sementara untuk perjalanan darat ada kemungkinan biaya tambahan dibayarkan sebelum memasuki Thailand.

Tambahan biaya tidak berlaku untuk orang-orang dengan kategori berikut:

- Pemegang paspor Thailand

- Pemegang paspor diplomatik atau dinas

- Kelompok orang yang diberikan izin kerja di Thailand

- Wisatawan asing berusia kurang dari 2 tahun

- Petugas dan/atau pemandu lalu lintas udara

Lebih dari 40 negara di seluruh dunia telah memberlakukan biaya masuk bagi turis asing. Namun, Thailand merupakan negara pertama di dunia yang berniat menggunakan dana tersebut untuk kesejahteraan wisatawan melalui asuransi wisata.

Untuk update informasi mengenai kebijakan biaya masuk ke Thailand, kunjungi Instagram/Twitter @wisatathailand atau hubungi Kedutaan Besar Thailand di Indonesia.

Informasi dari https://thailand.prd.go.th/*