Perayaan Awk Phansa di Thailand

blog image

TAT, Thailand - Awk Phansa adalah tanggal penting dalam kalender Thailand yang menandai berakhirnya periode Buddhis Rains Retreat (dikenal sebagai 'Phansa'), yakni momen saat Buddha tinggal sendiri di dalam kuil untuk meditasi dan belajar selama tiga bulan.

Dalam kepercayaan Buddhis, Awk Phansa diperingati sebagai momen turunnya Buddha kembali ke bumi setelah retret tiga bulan di surga. Tanggal pastinya bervariasi tergantung pada kalender Cina, tetapi biasanya jatuh pada bulan Oktober. Pada hari perayaan, umat Buddha Thailand akan mengunjungi kuil dan melakukan kebajikan. Sejumlah festival juga diselenggarakan di seluruh Thailand.

1. Chong Para Festival, Mae Hong Son

Di provinsi utara Mae Hong Son, komunitas Shan (Tai Yai) mengadakan Festival Chong Para. Festival diadakan untuk merayakan kembalinya Sang Buddha dari surga.

Menara kayu (disebut 'chong') dihias untuk menyambut Sang Buddha saat turun dari surga, yang kemudian akan diarak menuju kuil untuk diletakkan di depan patung Buddha. Pada malam bulan purnama Awk Phansa, komunitas lokal berkumpul untuk makan, menari, dan bersosialisasi.

2.  Rub Bua, Lotus Throwing Festival, Samut Prakan

Di provinsi Samut Prakan di sebelah timur Bangkok, diadakan festival melempar teratai yang dikenal sebagai 'Rob Bua' dan melambangkan kemurnian pada Hari Awk Phansa.

Aksi pelemparan bunga teratai oleh masyarakat di Bang Phli merupakan tradisi lokal yang sudah turun temurun. Orang-orang berkumpul di sepanjang tepi Samrong Kanal untuk menyambut perahu yang membawa patung Buddha.

Saat patung Buddha berjalan di sepanjang kanal, ribuan bunga teratai dilemparkan sebagai tanda kebajikan dan dianggap akan membawa keberuntungan jika berhasil mendarat di perahu yang berisi patung Buddha.

3.  Lai Reua Fai, Illuminated Boat Festival, Nakhon Phanom

Festival diadakan di Mekong River, Nakhon Phanom yang terletak di Timur Laut Thailand. Selama acara, perahu kecil yang terbuat dari bambu atau batang pohon pisang mengapung di sepanjang sungai. Lilin dan sesaji dapat ditambahkan ke dalam perahu untuk menghormati Buddha, Naga, dan roh air.

4. Thod Kathin (Robes Offering Ceremony)

Ini merupakan upacara persembahan jubah baru untuk biksu dan lainnya ke kuil lokal. Acara bisa besar atau kecil, tetapi umumnya ditandai dengan musik dan tarian. Di Bangkok, upacara biasanya diadakan di Wat Arun dan dipimpin oleh Raja Thailand.

Sumber: https://fanclubthailand.co.uk/