Perayaan Loy Krathong 2023

blog image

TAT, Jakarta - Loy Krathong, salah satu festival paling populer di Thailand, akan diadakan pada 27-28 November 2023, bersamaan dengan Yi Peng Festival di Chiang Mai. Acara ini memang diselenggarakan setiap tahun, tepatnya pada malam purnama bulan ke-12 dalam kalender lunar tradisional Thailand.

Pada hari perayaan, Anda akan melihat banyak orang Thailand berkumpul untuk melepaskan rakit terapung (disebut juga Krathong) yang dihiasi dengan lilin dan bunga ke air sebagai ungkapan terima kasih kepada Dewi Air sekaligus permohonan ampun.

Selain itu, akan ada aktivitas seru lain yang bisa Anda temukan selama perayaan berlangsung. Apa saja? Dan di mana bisa mengikuti Loy Krathong Festival di Thailand? Cek lokasi dan jadwalnya di sini.



Di mana perayaan Loy Krathong festival berlangsung?

Berikut daftar lokasi perayaan Loy Krathong Festival 2023 di Thailand. Catat tanggalnya dan ajak keluarga, teman, hingga pacar untuk ikut serta ya.

Sukhothai

Sukhothai Loy Krathong & Candle Festival
18-27 November 2023

Perayaannya identik dengan pertunjukan kembang api di langit, duel gajah, tarian Sukhothai, serta budaya di depan Wat Mahathat di Sukhothai Historical Park yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Chiang Mai

Chiang Mai Heritage Sky Lanterns Festival
27 November 2023

Selain menerbangkan lampion, Anda juga bisa belajar cara membuatnya di sini. Sambil menikmati keindahan langit di malam hari sekaligus berbagai pertunjukan seni, mulai dari musik, tarian rakyat, dan pameran budaya.

Loy Krathong and Yee Peng Lantern Festival
27-28 November 2023

Lokasi paling populer untuk menerbangkan lampion berada di tepian Pink River atau sekitar Nawarat Bridge dan Iron Bridge. Pada hari perayaan, Anda juga akan melihat rumah-rumah penduduk yang dihiasi dengan lampion warna-warni.

The Heaven Lantern Festival
27-28 November 2023

Lokasinya di Suansawan (The Garden), Mae Taeng, Chiang Mai. Pada festival ini, Anda akan dimanjakan dengan musik, seni Thai Lanna, hingga pertunjukkan cahaya, suara, dan 'Spirit of Faith sambil menikmati hidangan lokal Thailand dan keindahan langit yang dihiasi oleh lampion.

Bangkok

Di Bangkok, Anda bisa ikut perayaan Loy Krathong dengan reservasi makan malam di kapal pesiar (Bangkok River Cruises). Sambil menikmati hidangan lezat yang disajikan, Anda bisa melihat keindahan langit yang dihiasi dengan lampion. Pilihan lainnya ada di Hotel tepi sungai.

Loy Krathong Sai Lai Prathip Festival
24-27 November 2023

Di Tak, perayaan Loy Krathong dikenal dengan Loy Krathong Sai Lai Prathip Festival. Yang unik adalah, di sini rakit terapungnya terbuat dari tempurung kelapa (disebut Krathong Sai). Akan ada 1.000 rakit yang diapungkan di air, sekaligus merayakan 9 Royal Inaugurated Krathongs and Lanterns. Lokasinya berada di tepian Pink River, di kaki jembatan Somphot Krung Rattanakosin Song Roi Pi Bridge.

Pattaya

Pattaya Loy Krathong Festival
27 November 2023

Perayaan akan berlangsung di seluruh kota dan pantai di Pattaya. Kegiatan utamanya akan di Central Pattaya (Pattaya Beach), Jomtien Beach, dan Lan Po Public Park di Na Kluea. Di sini juga akan ada kontes membuat rakit dari bahan alami, pertunjukan seni budaya, dan kegiatan seru lainnya.

Samut Songkhram

Loy Krathong Kap Kluai
27 November 2023

Perayaannya sangat unik, karena rakit akan dibuat dari lapisan serat batang tanaman pisang. Rakit-rakit tersebut yang jumlahnya mencapai 200 ribu akan diapungkan. Selain itu, akan ada juga kontes rakit terindah, Miss Noppamas Pageant, dan kegiatan budaya lokal lainnya. Festival ini akan berlangsung di Phummarin Kudithong Temple.

Lamphun

Hundred Thousand Lantern Festival in Lamphun
4 Oktober - 27 November 2023

Mirip dengan yang di Chiang Mai, di sini akan diterbangkan 1.000 lentera sebagai bentuk ritual Buddha untuk memuja Phra That Hariphunchai sekaligus memberikan penghormatan kepada Phra Nang Chamadevi, ratu pertama di Lamphun. Perayaan akan berlangsung di Wat Phra That Hariphunchai di distrik Muang Lamphun.

Bisakah saya merayakan di tempat lain?

Tentu saja. Daftar di atas hanya sebagai referensi. Anda bisa mengikuti Loy Krathong Festival di lokasi selain yang tercantum di atas, karena perayaan akan berlangsung di seluruh wilayah Thailand hingga 28 November 2023.

Informasi selengkapnya tentang Loy Krathong Festival dapat Anda lihat di Instagram @wisatathailand

Sumber:
https://thaiest.com/blog/loy-krathong-festival-thailand#google_vignette
https://www.asiahighlights.com/thailand/loy-krathong-festival/when-is-loy-krathong-yi-peng
https://www.thailandnow.in.th/event/loy-krathong-festival/