Perayaan Loy Krathong, Festival Lentera Terbesar di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Thailand memiliki banyak daya tarik yang membuat para wisatawan ingin kembali berkunjung. Salah satunya festival rutin tahunan yang hanya bisa Anda rasakan ketika berada di negeri Gajah Putih ini. Festival Loy Krathong, misalnya.

Loy Krathong adalah festival yang diadakan setiap bulan November. Perayaan berlangsung meriah dengan menerbangkan lampion, menghanyutkan sesaji, parade, hingga pesta kembang api. Tahun ini festival Loy Krathong diadakan pada 19 November.

Perayaan Festival Loy Krathong

Kata "Krathong" mengacu pada bejana atau keranjang kecil, sementara "Loy" berarti mengapung. Itu sebabnya saat perayaan, krathong berisi sesaji (dupa dan lilin) akan dihanyutkan di atas air sebagai simbol untuk melepaskan nasib buruk di tahun mendatang. Koin, potongan kuku atau sehelai rambut juga bisa ditambahkan ke dalam krathong untuk pembersihan diri.

Hal lain yang paling ditunggu-tunggu saat perayaan Loy Krathong adalah pelepasan lentera ke udara. Ini akan membuat langit di Thailand terang benderang oleh cahaya dari ribuan lentera yang diterbangkan bersama-sama. Selain itu, pesta kembang api juga akan diadakan dan membuat suasana festival semakin meriah.

Perayaan Festival Loy Krathong bisa Anda ikuti di berbagai wilayah Thailand termasuk:

- Bangkok: Chao Phraya River, Lumphini Park, atau Benjasiri Park.

- Chiang Mai: Ping River

- Sukhothai: Sukhothai Historical Park

Asal Mula Festival Loy Krathong

Loy Krathong diadaptasi dari festival Brahmana Kuno sebagai bentuk penghormatan kepada Buddha. Banyak orang meyakini bahwa Loy Krathong berasal dari kerajaan Sukhothau kuni pada abad ke-14, meskipun kebenarannya masih dipertanyakan.

Menurut cerita, seorang wanita bernama Nang Noppamas, seorang permaisuri Raja Sukhothai, membuat krathong pertama yang dia berikan kepada raja sebagai hadiah. Ia adalah putri seorang pendeta Brahmana  yang mengadaptasi tradisi membuat krathong dari daun pisang. Ia membentuk krathong seperti bunga teratai sebelum menambahkan lilin dan dupa. Legenda mengatakan bahwa raja menyalakan lilin dan dupa, kemudian mengapungkan krathong di salah satu danau di kota Sukhothai.

Walaupun sebagian orang menganggapnya sebagai karakter fiksi, pada perayaan festival diadakan kontes kecantikan untuk menemukan seorang wanita yang nantinya akan diberi gelar kehormatan "Nang Noppamas".

Tak sabar ingin ikut serta perayaan Festival Loy Krathong 2021? Anda bisa datang ke Thailand bersama orang tersayang. Segera rencanakan perjalanan Anda dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan aturan yang berlaku di Thailand.

Sumber:

Celebrating Loy Krathong in Thailand. Diakses pada Oktober 2021.