Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Bangkok dan Ratchaburi

blog image

TAT, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand bersama Tourism Authority of Thailand (TAT) dan Kedutaan Besar Republik Rakyat Cina bekerja sama menyelenggarakan perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di distrik Chinatown Bangkok di Yaowarat Road dan provinsi Ratchaburi.

Perayaan dimulai dengan upacara yang dipimpin oleh H.E. Mr. Phiphat Ratchakitprakarn, Menteri Pariwisata dan Olahraga, pada 29 Januari 2022 di Royal Jubilee Gate (Odeon Circle). Upacara dihadiri oleh H.E. Mr. Han Zhiqiang, Duta Besar Republik Rakyat Cina untuk Thailand, dan Mr. Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT.

TAT juga mendukung Festival Tahun Baru Imlek di provinsi Nakhon Sawan, yang diadakan dari 25 Januari hingga 5 Februari 2022, di  Pak Nam Pho in Mueang District.

Perayaan Tahun Baru Imlek di Bangkok dan Ratchaburi

Mulai 29 Januari hingga 28 Februari 2022, mulai pukul 18.00 sampai 24.00 WIB, dekorasi dan lampu bernuansa Imlek dipajang di Royal Jubilee Gate (Odeon Circle) dan di sepanjang Yaowarat Road. Lengkungan terowongan cahaya sepanjang 45 meter dan lebih dari 800 lentera jalanan juga dipasang untuk memeriahkan acara. Empat lentera merupakan pemberian dari Her Royal Highness Princess Maha Chakri Sirindhorn.

Di Ratchaburi, Festival Tahun Baru Imlek 2022 diselenggarakan pada 29 Januari sampai 2 Februari 2022 di Pracha Phatthana Dam, Mueang District. Selain dekorasi dan lampu, festival juga dimeriahkan dengan pertunjukan budaya dan musik, tarian singa dan naga, air mancur, demo masak makanan keberuntungan, serta lokakarta seni Tiongkok seperti menulis, pembuatan lentera Cina, dan astrologi Cina.

Diselenggarakan dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di masyarakat.

Peserta acara perlu melakukan pra-registrasi melalui aplikasi QueQ, menunjukkan surat vaksinasi dosis lengkap, serta hasil negatif dari pemeriksaan Antigen Test (ATK) gratis di pintu masuk acara yang berlaku dalam waktu 72 jam. Semua peserta juga harus menjalani pemeriksaan suhu, dan mematuhi tindakan pencegahan dan memakai masker selama acara.

H.E. Mr. Phiphat Ratchakitprakarn mengatakan bahwa, "Selain sebagai perayaan Tahun Baru Imlek 2022, acara ini juga turut merayakan dan membantu memperkuat hubungan diplomatik antara Thailand dan Cina yang sekarang sudah di tahun ke-47."