Phetchaburi Masuk ke Dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO Bidang Gastronomi

blog image

TAT, Thailand - Phetchaburi resmi masuk ke dalam daftar Jejaring Kota Kreatif (Creative Cities Network) UNESCO di bidang gastronomi. Empat provinsi lain di Thailand yang sudah lebih dulu masuk ke jejaring tersebut adalah Phuket (2015), Chiang Mai (2017), Bangkok (2019), dan Sukhothai (2019).

Hanya Phuket yang masuk di bidang gastronomi bersama Phetchaburi, sementara Bangkok di bidang desain (Creative City of Design) serta Chiang Mai dan Sukhothai di bidang kerajinan dan seni rakyat (Creative City of Crafts and Folk Arts).

Jejaring Kota Kreatif UNESCO telah diluncurkan sejak 2004 untuk mempromosikan kerjasama antar kota yang menggunakan kreativitas dan industri budaya sebagai faktor strategis pembangunan kota berkelanjutan. Menurut Mr. Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT, "Penambahan Phetchaburi ke Jejaring Kota Kreatif UNESCO bidang gastronomi datang di waktu yang tepat dan kami menyambutnya dengan baik, terlebih gastronomi merupakan tema besar kampanye Visit Thailand Year 2022 mendatang."

Berbagai Produksi dan Hidangan Lezat dari Phetchaburi

Terpilihnya Phetchaburi ke dalam jejaring Kota Kreatif UNESCO tentu bukan tanpa alasan. Provinsi yang terletak 160 km di selatan Bangkok ini terkenal dengan produksi garam laut berkualitas tinggi, jeruk nipis, gula aren, jambu mawar, nanas, dan pisang yang membuatnya dijuluki sebagai "City of Three Tastes". Setelah panen, produk-produk tersebut biasanya akan langsung dikirim ke gerai makanan, produsen, dan rumah tangga setempat oleh petani.

Phetchaburi juga terkenal dengan sejumlah hidangan lokal yang resepnya telah diturunkan dari generasi ke generasi, seperti makanan dari istana Ayutthaya dan Rattanakosin serta masakan Cina dan Mon yang dikombinasikan hingga menjadi hidangan unik yang lezat. Hidangan terkenal lain yang mencerminkan akar budaya Phetchaburi, yaitu:

- Kaeng Kua Hua Tan (toddy palm curry)

- Khanom Cheen Thotman (mi tepung beras fermentasi dengan fish cake goreng)

- Khao Chae (nasi yang direndam air dengan berbagai lauk pauk)

- Kuaitiao Nam Daeng (mi sup merah)

- Khanom Mor Gang (kustar karamel dengan gula aren)

- Khanom Tan (toddy palm Souflé)

- Lod Chong Namtan Khon (cendol pandan dengan gula aren)

Destinasi Wisata untuk Dikunjungi di Phetchaburi

Selain hidangan lezat, Phetchaburi juga memiliki destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman, dan pasangan. Beberapa di antaranya:

- Phra Nakhon Khiri Historical Park (Khao Wang). Destinasi wisata ini terkenal dengan istana dan kuil-kuilnya yang meliputi Wat Mahathat Worawihan, Wat Kamphaeng Laeng, Wat Yai Suwannaram berada di atas bukit dan menghadap ke kota.

- Kaeng Krachan National Park, merupakan taman nasional terbesar di Thailand seluas 464.000 hektar dengan pemandangan kabut yang indah. Di sini juga terdapat Kaeng Krachan Forest Complex yang baru-baru ini ditambahkan ke dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Tertarik untuk berkunjung ke Phetchaburi? Ayo rencanakan liburan Anda bersama orang tersayang di Thailand. Kabar baiknya, per 1 November, turis dari Indonesia yang sudah vaksinasi Covid-19 dosis lengkap diizinkan masuk ke Thailand tanpa persyaratan karantina. Informasi selengkapnya kunjungi Instagram/Twitter @wisatathailand atau hubungi Kedutaan Besar Thailand di Indonesia.