Phuket Gelar Parade Esktrem ‘Festival Vegetarian’ Selama 9 Hari

blog image

TAT, Jakarta - Phuket punya 'Festival Vegetarian' yang digelar setiap tahun pada bulan ke-9 menurut kalender Cina. Acara akan diadakan selama sembilan hari dan tahun ini jatuh pada 5-15 Oktober.

Dalam kegiatannya, parade akan mempertontonkan tradisi unik dan ekstrem untuk memanggil Dewa seperti berjalan di atas api, mandi di dalam minyak mendidih, tindik badan, mengiris lidah, menusuk pipi, dan lainnya. Ini dilakukan sebagai bentuk tolak bala dan rasa syukur komunitas Tionghoa di Phuket kepada Sembilan Dewa Kaisar.

Sejarah Diadakannya Festival Vegetarian di Phuket

Festival Vegetarian sudah ada sejak lebih dari satu abad lalu. Di antara banyak cerita tentang asal-usul festival, banyak masyarakat yang percaya bahwa ini dimulai saat kru opera Tiongkok datang ke Phuket untuk melakukan pertunjukkan bagi penduduk lokal.

Nahas, kru tersebut jatuh sakit dan kondisinya tidak membaik setelah menjalani pengobatan tradisional. Mereka kemudian memutuskan untuk diet vegetarian yang ketat sambil berdoa kepada Dewa agar tubuh dan pikiran mereka dibersihkan. Dalam waktu singkat, seluruh kru bisa sembuh dari penyakit.

Cerita ini diyakini sebagai cikal bakal festival, yang juga diselenggarakan untuk merayakan kepercayaan masyarakat Tiongkok tentang diet vegetarian, demi mendapatkan kesehatan dan pikiran yang bersih.

Persiapan Menjelang Festival

Menjelang acara, berbagai persiapan akan dilakukan. Mulai dari menghiasi pulau dengan bendera kuning, membersihkan kuil, menyiapkan panggung, serta memasang dekorasi dan aksesoris bernuansa Tiongkok.

Acara diawali dengan membangun Tiang Lentera sebagai penanda turunnya Dewa. Selama beberapa hari ke depan, masyarakat akan melakukan parade ekstrem dengan pakaian tradisional Tiongkok. Acara juga diramaikan dengan kembang api warna-warni dan kedai makanan vegetarian di sepanjang jalanan kota Phuket.

Perang kembang api dilakukan pada malam terakhir yang akan membuat jalanan dipenuhi dengan asap. Festival akan berakhir tepat pada tengah malam setelah mengirim Dewa kembali. Keesokan harinya, Lentera Tiang akan dipindahkan dari kuil dan disimpan untuk digunakan kembali tahun besok.

Yang Harus Diperhatikan Saat Mengikuti Festival

Acara bisa diikuti oleh siapa saja termasuk wisatawan yang sedang berada di Phuket. Kecuali bagi orang yang sedang berduka, wanita hamil, dan wanita yang sedang menstruasi. Bagi peserta acara ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama festival berlangsung:

- Memakai pakaian putih.

- Berperilaku baik secara fisik dan mental.

- Tidak mengonsumsi daging atau produk hewani.

- Tidak melakukan hubungan sekesual.

- Tidak minum alkohol.

- Menjaga kebersihan tubuh selama festival berlangsung.

- Membersihkan peralatan dapur dan memisahkannya dari yang bukan peserta.

Tertarik untuk ikut perayaan Festival Vegetarian? Yuk, datang ke Phuket dan nikmati pengalaman seru yang tidak akan terlupakan.

Sumber: https://fanclubthailand.co.uk/