Ramadan di Thailand: Tips dan Rekomendasi Tempat Berbuka

blog image

TAT, Jakarta - Maret hingga April 2024 adalah waktu yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia karena menjalankan ibadah puasa Ramadan. Meskipun Thailand bukanlah negara dengan mayoritas Muslim seperti Indonesia, atmosfer Ramadan di negara ini tak kalah menarik.

Dengan toleransi yang tinggi dan ketersediaan makanan halal yang melimpah, Thailand menjadi salah satu destinasi yang menyenangkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Destinasi Muslim-Friendly

Jika kamu punya rencana atau sedang berada di Thailand selama Ramadan, gak perlu khawatir, karena ada banyak lokasi yang muslim-friendly untuk kamu kunjungi bersama teman dan keluarga. Diantaranya Bangkok, Phuket, Krabi, Chiang Mai, dan Koh Samui.

Kuliner Halal Thailand

Tidak sulit untuk menemukan makanan halal di Thailand. Namun, untuk rekomendasi, kamu bisa mencoba Panang Curry, Pad Thai, Tom Yum, Massaman Curry, Khao Pad (Thai Fried Rice), Som Tam (Papaya Salad), dan Kaeng Khiao Wan (Green Curry) untuk menu berbuka. Selain hidangan dessert yang terkenal seperti Mango Sticky Rice

Salat Tarawih di Masjid
Tidak begitu sulit untuk menemukan masjid di Thailand, khususnya di area Bangkok. Masjid yang bisa kamu datangi untuk salat tarawih di Bangkok, diantaranya Wadi Al Hussein Mosque (berusia 300 tahun), Ton Son Mosque, Bang Luang Mosque, Bangkok Mosque, The Foundation of the Islamic Centre of Thailand, Indonesia Mosque, Haroon Mosque, Darulmuttakeen Mosque, Darul Aman Mosque, dan Thai-Pakistan Friendship Mosque.

Jajan dan Jalan-jalan di Pasar Malam
Saat malam tiba, jangan lewatkan kesempatan untuk jajan dan jalan-jalan di pasar malam. Ada banyak pasar malam yang bisa kamu kunjungi, tapi salah satu yang muslim-friendly adalah TaladNad Kokotho, lokasinya berada di Bangkok dan buka mulai jam 4 sore hingga 11 malam. Di sini kamu bisa menemukan banyak hal, mulai dari makanan lezat, baju, tas, sepatu, celana, kerudung, sampai peralatan rumah tangga!

Tentunya, masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan di Thailand yang siap membuat pengalaman Ramadan-mu unik dan berkesan. Jadi, jangan ragu untuk menjadwalkan perjalananmu ke Thailand selama Ramadan 2024!