Rayakan Songkran, TAT Gelar Perayaan Besar di Bangkok

blog image

TAT, Jakarta - Tourism Authority of Thailand (TAT) menggelar dua perayaan besar di Bangkok menyambut festival Songkran, yaitu 'The Amazing Songkran 2023 Celebration' dan acara perdana 'International Amazing Splash 2023' pada 13-15 April 2023 di Chula Soi 5 (Chulalongkorn University Centenary Park dan Stadium One).

Mr. Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT, mengatakan, "TAT memanfaatkan kekuatan 5F Thailand untuk menawarkan pengalaman perjalanan yang bermakna bagi wisatawan, berfokus pada peningkatan produk dan layanan pariwisata. Salah satunya dengan mengangkat festival dan tradisi lokal ke panggung internasional, dimulai dari Songkran. Peluncuran International Amazing Splash 2023 bertujuan untuk menyoroti acara dan tradisi budaya internasional yang mirip dengan Songkran, sekaligus membantu memperkuat hubungan dan pertukaran budaya."

Kedua acara tersebut akan menghadirkan 4 elemen kunci, meliputi:

  • Elemen pertama: parade yang menampilkan Thailand dan empat negara lain yang memiliki perayaan serupa seperti Songkran pada 13 April 2023, yakni China (Po Shui Jie Festival), India (Holi Festival), Jepang (Setsubun Festival), dan Korea Selatan (Boryeong Mud Festival).
  • Elemen kedua: Amazing Splash of the World, sebuah pertunjukan untuk lebih memperkuat pertukaran budaya dan hubungan internasional dari Thailand dan negara lain, seperti China (pameran kostum tradisional orang-orang Tai Lue dari Yunnan, pertunjukan budaya, dan upacara meminta hujan), India (pertunjukan musik dan tempat pemujaan Ganesa), Jepang (upacara untuk mengharapkan kesehatan yang baik dan menjauhkan diri dari penyakit), dan Korea Selatan (kolam lumpur untuk mandi).
  • Elemen ketiga: Menampilkan artis, penyanyi, dan DJ Thailand, termasuk oey Boy, Aof Pongsak, danband ternama seperti LAZ1, No One Else, and Yes. Ada juga pertunjukan budaya dari China, India, Jepang, dan Korea Selatan hingga waterbom dan terowongan air selama tiga hari acara berlangsung.
  • Elemen keempat: menampilkan stan dan truk makanan yang menawarkan masakan dari Thailand, China, India, Jepang, dan Korea Selatan.

Pol. Mayor Jenderal Apichat Suriboonya, Wakil Komisaris Biro Polisi Pariwisata, mengatakan, "Untuk memastikan keselamatan dan keamanan semua warga Thailand dan turis asing yang menghadiri perayaan Songkran, Tourist Police bekerja sama dengan TAT mengerahkan 4.000 turis polisi dan relawan untuk acara Songkran nasional. Polisi dan kendaraan patroli akan dilengkapi dengan kamera untuk memantau dan menyiarkan situasi ke pusat komando. Sehingga, ini akan memudahkan pendampingan kepada para wisatawan dengan lebih nyaman dan bertujuan untuk memperkuat kepercayaan terhadap pariwisata Thailand."