Rekomendasi 5 Restoran Halal Di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Bagi wisatawan Muslim, mencari makanan halal di luar negeri bukan perkara mudah. Termasuk ketika Anda berkunjung ke Thailand. Maka itu, jika Anda sedang atau akan berkunjung ke Thailand dan ingin mencari makanan halal, coba datang ke lima restoran berikut.

1.  Sinthorn SteakHouse

Alamat : 3333, 134/9 Ramkhamhaeng Rd, Hua Mak, Bang Kapi, Bangkok
Jam buka : 10.00 - 23.00 (setiap hari)
Telp : +66 2 377 7322

Bagi penyuka daging panggang berkualitas, Anda bisa datang ke restoran ini. Sinthorn SteakHouse menggabungkan berbagai macam masakan ke dalam menu, mulai dari makanan khas Thailand hingga Mediterania. Restoran ini juga menyajikan steamboat Barbeque Thailand halal. 

2. Yana Restaurant

Alamat : 444 Phayathai Rd, Khwaeng Wang Mai, Khet Pathum Wan, Krung Thep Maha Nakhon, Thailand
Jam buka : 10.30 - 21.00 (setiap hari)
Telp : +66 2 048 4589

Yana Restaurant terletak strategis di lantai lima pusat perbelanjaan MBK. Restoran ini menyajikan makanan favorit lokal, seperti tom yum, kari, hingga pasta.

3. Samat Muslim Food

Alamat : 419 Ratchaprarop Rd, Khwaeng Makkasan, Khet Ratchathewi, Krung Thep Maha Nakhon 10400, Thailand
Jam buka 08.30 - 23.00 (setiap hari)
Telp : +66 89 442 5114

Restoran ini berlokasi tepat di seberang Pasar Pratunam, dan hanya 3 menit berjalan kaki dari Stasiun ARL Ratchaprarop. Menu favorit di sini adalah Tom Yum (130 THB) dan Salad Pepaya (60 THB).

4. Saman Islam

Alamat : Section 16, soi 24, Chatuchak Weekend Market, 251 Phahonyothin Rd, Chom Phon, Khet Chatuchak, Krung Thep Maha Nakhon 10900, Thailand
Jam buka : 09.00 - 19.00 (hanya di akhir pekan)
Telp : +66 81 817 8270

Saman Islam berada tepat di jantung pasar akhir pekan Chatuchak di Bangkok, Chatuchak. Di sini Anda bisa menikmati semangkuk mie daging sapi yang disertai dengan otak-otak khas Thailand. Menu favorit lain yang bias Anda coba saat berkunjung ke sini adalah tom yum dan ayam goreng renyah yang lezat.

5. Busaba Halal Restaurant

Alamat : 151, 4 Thanon Nakhon Chaisi Rd, Khwaeng Thanon Nakhon Chai Si, Khet Dusit, Krung Thep Maha Nakhon 10300, Thailand
Jam buka : 10.00 - 16.00 (Weekdays, Rabu Tutup); 10.00 - 20.00 (Weekend)
Petunjuk ke restoran : Naik BTS menuju Stasiun Victory Monument, dari sana lanjut menggunakan Bus No 14 atau taxi (sekitar 180 THB)

Ingin mencoba bebek panggang halal di Bangkok? Disini tempatnya. Menu lain yang bisa Anda coba di sini adalah Charcoal Waffle with Ice Cream seharga 125 THB.

Bonus! Resep 'Massaman Curry', makanan halal khas komunitas Muslim Thailand

'Massaman Curry' dinamakan dari nama para pembuatnya yang berarti "Kari Muslim." Kari ini sebenarnya mirip dengan kari pada umumnya dan terinspirasi dari India, yang membedakannya adalah beberapa bahan dasar dan juga adanya Tamarind yang menciptakan rasa manis-asam dalam sajiannya.

Untuk membuat makanan ini, bahan yang dibutuhkan antara lain: ayam atau daging sapi, santan, pasta kari, kentang, wortel, gula, kayu manis, kemangi, bawang putih, lemon, dan tamarind (asam). Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah membuat 'Massaman Curry' berikut:

- Panaskan pasta kari, lalu campurkan dengan kaldu atau air sesuai selera. Penggunaan kaldu akan menambah keasinan kari. Aduk rata hingga 1 menit.

- Masukan santan dan aduk.

- Masukan daging ayam/sapi, kentang, dan wortel ke dalam masakan, masak hingga dua menit

- Tambahkan kayu manis, dan rempah-rempah lain sesuai selera.

- Aduk dan masak hingga merata selama beberapa menit, diamkan selama lima menit

- Setelah siap dihidangkan, Anda bias menambahkan sayuran atau kemangi.

'Massaman Curry' dapat disajikan dengan nasi putih dan juga kacang rebus sebagai pilihan. Makanan ini juga cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selamat mencoba!

Informasi diperoleh dari instagram.com/thaioverdose