Status Terkini Perjalanan Antar Provinsi Di Thailand

blog image

TAT, Jakarta - Saat ini hanya perjalanan penting yang diizinkan ke dan dari 5 provinsi di Thailand dengan kriteria kontrol maksimum yang ditetapkan oleh Center for COVID-19 Situation Administration (CCSA). Kelima provinsi tersebut adalah Samut Songkhram, Chon Buri, Rayong, Chanthaburi, dan Trat.

Meski tidak dilarang, perjalanan antar provinsi ke dan dari 23 provinsi yang sangat terkontrol, 11 provinsi yang dikontrol, dan 38 provinsi dalam pengawasan tidak disarankan. Wisatawan yang tetap ingin melakukan perjalanan ke area tersebut diharuskan untuk menjalani penyaringan ketat sesuai dengan ketentuan pengendalian COVID-19 di setiap provinsi. Berikut ringkasan tindakan pengendalian COVID-19 provinsi per 7 Januari 2021.

PERJALANAN UDARA

Sebagian besar maskapai penerbangan antar provinsi di Thailand beroperasi seperti biasa, tetapi ada pengurangan jumlah penerbangan dan penangguhan layanan dengan penawaran opsi penjadwalan ulang yang fleksibel.

- Thai Air Asia.

Penumpang yang memesan penerbangan mulai 1 November 2020 hingga 31 Maret 2021 untuk perjalanan sebelum 31 Maret 2021 dapat memesan ulang perjalanan sebelum 30 Juni 2021 dengan perubahan tak terbatas dan gratis. Perubahan penerbangan harus dilakukan setidaknya 48 jam sebelum jadwal keberangkatan awal. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.airasia.com

- Bangkok Airways.

Penumpang yang memesan penerbangan antara 30 Desember 2020 hingga 31 Januari 2021 dapat memesan ulang secara gratis. Perubahan penerbangan harus dilakukan 24 jam sebelum jadwal keberangkatan awal. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Pusat Layanan Pelanggan Bangkok Airways di 1771 atau hubungi +66 (0) 2270 6699 dari pukul 08.00-20.00, atau kunjungi www.bangkokair.com

- Nok Air.

Untuk perjalanan hingga 31 Maret 2021, penumpang dapat mengubah tanggal secara gratis, tetapi harus dilakukan setidaknya 24 jam sebelum jadwal keberangkatan awal dan tanggal perjalanan baru harus sebelum 30 Juni 2021. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Pusat Layanan Pelanggan Nok Air di 1318 atau kunjungi www.nokair.com

- Thai Lion Air.

Penerbangan berjadwal hingga 15 Januari 2021, dan diterbitkan sebelum 29 Desember 2020, dapat diubah satu kali untuk perjalanan sebelum 31 Maret 2021, gratis. Kecuali untuk tanggal blackout 26-28 Februari 2021. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi +66 (0) 2529 9999 atau kunjungi www.lionairthai.com

- Thai Smile Airways.

Penumpang yang memegang tiket Thai Smile Airways untuk perjalanan sebelum 28 Februari 2021, dapat mengubah tanggal di rute yang sama secara gratis. Ini harus dilakukan sebelum 28 Februari 2021. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Pusat Layanan Pelanggan Thai Smile di 1181 atau +66 (0) 2118 8888, atau kunjungi www.thaismileair.com

- Thai Vietjet Airlines.

Semua tiket domestik yang dipesan dan dibayar sebelum 1 Januari 2021, untuk perjalanan antara 5-31 Januari 2021, dapat diubah satu kali pada rute asli tanpa biaya. Penerbangan harus diubah setidaknya 3 jam sebelum keberangkatan awal, dan penumpang harus melakukan perjalanan sebelum 31 Maret 2021. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi +66 (0) 2089 1909, tambahkan ID LINE @Thaivietjet, email vz.support@vietjetair.com, atau kunjungi www.vietjetair.com

Penumpang dari Samut Sakhon dan area maksimum dan yang sangat terkontrol diharuskan untuk menghubungi staf Bandara dan mendaftar dengan Thai Chana atau aplikasi pelacakan kontak (tracing) serupa dan menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

PERJALANAN DARAT

- Kereta.

State Railway of Thailand (SRT) menangguhkan layanan kereta di 42 rute, termasuk 12 kereta wisata akhir pekan dan 30 kereta komersial (8 ke Utara, 12 ke Timur Laut dan 10 ke Selatan). SRT menawarkan pengembalian uang bagi individu yang memiliki reservasi kereta dari 6 hingga 31 Januari 2021. Penumpang yang telah membeli tiket kereta individu dapat meminta pengembalian uang penuh jika dibayar tunai. Mereka yang membeli tiket grup dapat meminta pengembalian uang penuh tidak kurang dari 1 hari sebelum tanggal perjalanan. Penumpang yang memesan tiket melalui Internet dapat meminta refund penuh dengan melampirkan file tiket dan mengirimkannya melalui email ke passenger-ser@railway.co.th

- Bis.

Department of Land Transport (DLT) telah meminta semua operator dan stasiun transportasi umum di seluruh negeri untuk secara ketat menerapkan langkah-langkah pengendalian COVID-19, terutama pada pelancong ke dan dari 5 area dengan kontrol maksimum, yang harus memiliki izin untuk perjalanan penting. Semua penumpang diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan - pemeriksaan suhu - dan mendaftar dengan aplikasi pelacakan kontak Thai Chana atau mengisi formulir kontak yang dikeluarkan oleh DLT.

1. Transport Company Limited.

Penundaan tiket dapat dilakukan di situs web perusahaan busticket.in.th dengan masuk (log in) dan mengubah tanggal perjalanan, atau secara langsung di loket tiket. Perjalanan apa pun dapat ditunda dengan perubahan 1 kali dalam 30 hari sejak tanggal perjalanan, tetapi harus dilakukan 4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

2. Nakhonchai Air.

Tiket dapat ditunda di www.nakhonchaiair.com dan buka halaman Pemesanan NCA. Pelanggan akan menerima tiket baru tanpa tanggal perjalanan tertentu yang berlaku selama 1 tahun setelah penundaan tiket asli.

3. Sombat Tour.

Untuk perjalanan yang dijadwalkan pada 26 Desember 2020 hingga 31 Januari 2021, pemegang tiket dapat meminta pengembalian uang, dengan biaya 10%, melalui sombattour.com

4. Siam First.

Trip dapat ditunda dalam waktu 3 bulan dari tanggal tiket asli dan harus dilakukan lima jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya 10%. Pembatalan perjalanan harus dilakukan sebelum tanggal perjalanan, dikenakan biaya 5%, atau pada tanggal perjalanan dengan biaya 10%. Untuk lebih jelasnya, hubungi +66 (0) 2954 3601-1 atau kunjungi siamfirst.co.th

Penumpang dari Samut Sakhon dan area dengan kontrol maksimum dan sangat terkontrol diharuskan untuk menghubungi titik pemeriksaan SRT, mendaftar dengan Thai Chana atau aplikasi pelacakan kontak serupa dan menjalani karantina di rumah selama 14 hari.

PERJALANAN AIR

Royal Passenger Liner telah mengumumkan penghentian sementara layanan Feri Pattaya-Hua Hin hingga pemberitahuan lebih lanjut.

- Raja Ferry Port

telah mengumumkan penjadwalan ulang layanan feri di rute Don Sak-Samui dan Don Sak-Phangan. Mulai 10 Januari 2021, akan ada layanan pukul 05.00-18.00 WIB, dengan penangguhan beberapa feri. Info lebih lanjut di Facebook m.me/rajaferryport, tambahkan LINE ID @rajaferryport, atau kunjungi www.rajaferryport.com

- Seatran Ferry

telah menyesuaikan jadwal pada rute Don Sak - Samui (Nathon). Mulai 11 Januari 2021 akan ada layanan setiap jam mulai pukul 05.00-18.00 WIB, dengan beberapa jadwal keberangkatan ditangguhkan pada hari Senin-Kamis (09.00 WIB, 13.00 WIB, dan 19.00 WIB); Jumat-Sabtu (19.00 WIB) dan Minggu (09.00 WIB dan 19.00 WIB). Lebih detail di halaman Facebook, Seatran Ferry, atau tambahkan LINE ID @seatranferry, atau call center 1381.

- Seatran Discovery

telah mengumumkan penghentian sementara layanan feri ke semua pulau di Teluk Thailand termasuk Ko Samui, Ko Phangan dan Ko Tao mulai 11 Januari 2021, hingga pemberitahuan lebih lanjut. Namun, perusahaan tetap mengoperasikan layanan feri mobil per jam dari Don Sak ke Ko Samui (Nathon) seperti biasa.

- Phuket

Semua pelabuhan tetap terbuka untuk layanan feri ke pulau di Laut Andaman, termasuk Ko Phi Phi, Ko Khai, Phang Nga Bay dan Ko Racha. Namun, beberapa perusahaan feri telah mengumumkan pengurangan frekuensi layanan. Pelabuhan-pelabuhan ini meliputi Asia Marina Phuket, Boat Lagoon, Rassada Pier, Royal Phuket Marina, Ao Po Pier, Yacht Haven Marina, Bang Rong Pier, Sea Angel Pier, dan Jian Wanich Pier.

- Krabi

Dermaga Khlong Jirad tetap buka untuk layanan feri harian ke rute Krabi-Ko Phi Phi.

Untuk informasi terbaru mengenai situasi COVID-19 di Thailand, Anda bisa melihatnya di www.tatnews.org