TAT Perkuat Kampanye 'Visit Thailand Year 2023'

blog image

TAT, Jakarta - Sebanyak 11,8 juta wisatawan internasional dan 189 juta perjalanan domestik tercatat selama tahun 2022. Pencapaian penting ini mendorong pemerintah Thailand kembali memperkuat strategi kampanye 'Visit Thailand Year: Amazing New Chapters'.

Pada tahun 2023, ditargetkan sebanyak 25 juta wisatawan internasional dan 250 perjalanan domestik dapat terjadi. Serta pendapatan pariwisata diharapkan dapat mencapai 2,38 triliun Baht, yang terdiri dari 670-880 miliar Baht dari pariwisata domestik dan 1,5 triliun Baht dari pariwisata internasional.

Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT Jakarta, mengatakan, "Target di tahun 2023 telah direncanakan secara matang untuk melanjutkan capaian tahun sebelumnya. Kampanye 'Visit Thailand Year 2023' merupakan komitmen TAT dan seluruh pemangku kepentingan di sektor publik dan swasta, serta penduduk lokal untuk menjaga kepercayaan pada wisatawan terhadap Thailand sebagai tujuan wisata pilihan".

Melalui kampanye 'Visit Thailand Year 2023: Amazing New Chapters', TAT menekankan pada promosi dan pengembangan pariwisata bernilai tinggi serta berkelanjutan di Thailand. Termasuk target untuk meningkatkan jumlah wisatawan dengan tujuan menawarkan pengalaman berwisata bermakna melalui 5F: makanan (food), film, festival, bela diri (fight), dan fashion.

Berikut agenda kegiatan yang merupakan bagian dari strategi kampanye dengan 5F:


  • Food: Amazing Thai Tastes (Maret-Juni) dan Bangkok International Food Festival (Juni)
  • Festival: Chinese New Year (Januari), Songkran Thai New Year (April), dan Loi Krathong (November)
  • Film: Amazing Film Festival Experience (Agustus) dan serangkaian Meet & Greet
  • Fight: Amazing Muay Thai Festival (Februari)
  • Fashion: Valentine Fashion TV Beach Award Festival (Februari)

Pendekatan lain yang juga dilakukan untuk meningkatkan sektor pariwisata, antara lain penerapan model BCG untuk menyoroti wisata gastronomi dan pemanfaatan teknologi yang dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Thailand melalui 'Digital as a Game Changer'.

Strategi Kampanye Pasar Domestik

Pada pasar domestik, TAT menempatkan fokus pada 'Value over Volume' di bawah konsep 'Travel Thailand in Limited Edition' baru yang menyoroti kekuatan 5F untuk memenuhi berbagai kebutuhan wisatawan domestik.

Berbagai acara sedang direncanakan di tahun 2023 untuk mendorong perjalanan domestik, diantaranya Travel 365 days in Amazing Thailand, Vijit Thailand 2023, dan Amazing Thailand Festival Experience 2023.

Wisatawan domestik juga didorong untuk mengunjungi destinasi baru selama hari kerja untuk memperluas pengeluaran dan menyeimbangkan kapasitas destinasi.

Strategi Kampanye Pasar Internasional

TAT mengadopsi strategi 'Great Resumption Episode II', termasuk:

  • Kembalinya Cina. Berfokus pada peningkatan kerja sama dengan maskapai penerbangan untuk meningkatkan akses perjalanan udara.
  • Target 7-digit. Strategi difokuskan pada pasar yang berkembang pesat, seperti China, Malaysia, India, dan Korea Selatan. Bekerja sama dengan mitra agen dan maskapai penerbangan.
  • Color Your Life by Amazing Thailand. Menjadikan 'Amazing Thailand' ke dalam perjalanan wisatawan melalui promosi pemasaran langsung maupun virtual.
  • Pariwisata berkelanjutan. Mendukung program tanggung jawab sosial (CSR) dan proyek pariwisata yang bertanggung jawab, seperti Reborn the Nature.
  • 2 Tier, Second to None. Mendorong wisatawan untuk mengunjungi destinasi yang sedang berkembang, sambil mencari segmen wisatawan baru dari negara lainnya seperti Korea Selatan, Cina, India, Vietnam, dan Malaysia.

TAT juga mengadopsi strategi 'A-B-C-D Fast Forward'.

  • A (airline) - fokus untuk melanjutkan kerja sama dengan maskapai terkemuka seperti Qatar Airways, Etihad, dan Oman Air untuk memperluas rute baru dan meningkatkan frekuensi penerbangan langsung.
  • B (big cities and beyond) - untuk menembus pasar baru di kota-kota besar dan sekitarnya di dunia, termasuk Rumania dan Sofia di Bulgaria.
  • C (collaboration) - kunci untuk bekerja dengan mitra baru termasuk maskapai penerbangan (seperti Delta Airlines, Air Canada, FlyDubai, Aeroflot) dan agen perjalanan online (seperti, Almosafer, SAGA Holidays).
  • D (destination) - untuk mempromosikan Thailand sebagai 'Tujuan sepanjang tahun' untuk memenuhi permintaan pengunjung di semua kalangan di semua musim.

Terkait dengan strategi kampanye 'Visit Thailand Year: Amazing New Chapters', Tourism Authority Thailand (TAT) berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya manusianya agar siap mendukung dan berkolaborasi dengan industri pariwisata Thailand, sekaligus memperkuat dan meningkatkan proses kerjanya melalui inovasi dan teknologi.