TAT, Jakarta - Sebanyak 11,8 juta wisatawan internasional dan 189 juta perjalanan domestik tercatat selama tahun 2022. Pencapaian penting ini mendorong pemerintah Thailand kembali memperkuat strategi kampanye 'Visit Thailand Year: Amazing New Chapters'.
Pada tahun 2023, ditargetkan sebanyak 25 juta wisatawan internasional dan 250 perjalanan domestik dapat terjadi. Serta pendapatan pariwisata diharapkan dapat mencapai 2,38 triliun Baht, yang terdiri dari 670-880 miliar Baht dari pariwisata domestik dan 1,5 triliun Baht dari pariwisata internasional.
Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT Jakarta, mengatakan, "Target di tahun 2023 telah direncanakan secara matang untuk melanjutkan capaian tahun sebelumnya. Kampanye 'Visit Thailand Year 2023' merupakan komitmen TAT dan seluruh pemangku kepentingan di sektor publik dan swasta, serta penduduk lokal untuk menjaga kepercayaan pada wisatawan terhadap Thailand sebagai tujuan wisata pilihan".
Melalui kampanye 'Visit Thailand Year 2023: Amazing New Chapters', TAT menekankan pada promosi dan pengembangan pariwisata bernilai tinggi serta berkelanjutan di Thailand. Termasuk target untuk meningkatkan jumlah wisatawan dengan tujuan menawarkan pengalaman berwisata bermakna melalui 5F: makanan (food), film, festival, bela diri (fight), dan fashion.
Berikut agenda kegiatan yang merupakan bagian dari strategi kampanye dengan 5F:
Pendekatan lain yang juga dilakukan untuk meningkatkan sektor pariwisata, antara lain penerapan model BCG untuk menyoroti wisata gastronomi dan pemanfaatan teknologi yang dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Thailand melalui 'Digital as a Game Changer'.
Strategi Kampanye Pasar Domestik
Pada pasar domestik, TAT menempatkan fokus pada 'Value over Volume' di bawah konsep 'Travel Thailand in Limited Edition' baru yang menyoroti kekuatan 5F untuk memenuhi berbagai kebutuhan wisatawan domestik.
Berbagai acara sedang direncanakan di tahun 2023 untuk mendorong perjalanan domestik, diantaranya Travel 365 days in Amazing Thailand, Vijit Thailand 2023, dan Amazing Thailand Festival Experience 2023.
Wisatawan domestik juga didorong untuk mengunjungi destinasi baru selama hari kerja untuk memperluas pengeluaran dan menyeimbangkan kapasitas destinasi.
Strategi Kampanye Pasar Internasional
TAT mengadopsi strategi 'Great Resumption Episode II', termasuk:
TAT juga mengadopsi strategi 'A-B-C-D Fast Forward'.
Terkait dengan strategi kampanye 'Visit Thailand Year: Amazing New Chapters', Tourism Authority Thailand (TAT) berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya manusianya agar siap mendukung dan berkolaborasi dengan industri pariwisata Thailand, sekaligus memperkuat dan meningkatkan proses kerjanya melalui inovasi dan teknologi.