TAT Selenggarakan Festival Songkran 2022 di Era Kenormalan Baru

blog image

TAT, Jakarta - Tourism Authority of Thailand (TAT) menyelenggarakan 'Amazing Songkran 2022 Celebrations' di 10 kuil di Bangkok dan 'Songkran Music Heritage Festival 2022' di Ayutthaya dan Songkhla, serta mendukung perayaan Festival Songkran lain yang diadakan di Bangkok, Chiang Mai, dan Samut Prakan.

Tahun ini, acara berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan ketat yang harus dipatuhi oleh semua peserta. Ini termasuk memenuhi syarat vaksinasi lengkap dan menunjukkan hasil tes negatif dengan Antigen Test Kit tidak lebih dari 72 jam.

Mr. Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT, mengatakan, "Pemerintah Kerajaan Thailand telah mengizinkan perayaan Songkran 2022 di bawah pedoman pencegahan COVID-19 untuk menyoroti sekaligus menghormati tradisi dan aspek budaya dari festival."

Perayaan Songkran 2022 yang diselenggarakan oleh TAT

'Amazing Songkran 2022 Celebrations' dari 9-17 April di Bangkok

Festival ini diadakan di 10 kuil di Bangkok yaitu Wat Arun, Wat Pho, Wat Rakang, Wat Suthat, Wat Kalayanamit, Wat Prayun, Wat Ratchanatdaram, Wat Mahathat, Wat Saket (Phu Khao Thong), dan Wat Ratchabophit.

Selama sembilan hari, pengunjung diundang untuk mengikuti aktivitas Song Nam Phra sambil mengabadikan momen di sudut foto khusus, mengikuti undian dan mengumpulkan suvenir. Pada 13-15 April, TAT menyelenggarakan pertunjukkan budaya dan tradisional di Wat Saket dan Wat Ratchabophit meliputi tarian topeng Khon, nyanyian antifon gaya Thailand, pertunjukkan boneka Thailand serat demo masak makanan penutup dan ukiran buah asli Thailand.

'Songkran Music Heritage Festival 2022' dari 12-21 April di Ayutthaya dan Songkhla

TAT telah memilih Wat Phra Ram Ayutthaya dan kota tua Songkhla sebagai tempat untuk 'Songkran Music Heritage 2022' untuk meningkatkan kesadaran lokal dan internasional akan signifikansi sejarah dan budaya kedua lokasi tersebut. Perayaan di kedua lokasi akan menghormati budaya dan tradisi Songkran yang berusia berabad-abad, sambil menghadirkan elemen hiburan modern.

- Di Ayutthaya Wat Phra Ram, aktivitas yang diadakan termasuk Song Nam Phra, membuat stupa pasir atau Chedi Sai, demo produk kerajinan unik di provinsi tersebut (seperti membuat kerajinan ikan dari anyaman) dan pertunjukan tradisional (seperti tari topeng Khon, teater opera Likay Thai).

- Di Songkhla, selain aktivitas Song Nam Phra, terdapat juga demo masak makanan tradisional (seperti Khao Yam), pertunjukan tradisional (seperti drama tari Nora), dan cerita yang dibawakan oleh maskot putri duyung 'Nong Mila'.

Dari 13-15 April, TAT juga mengadakan konser musik yang menampilkan band dan penyanyi terkenal Thailand di kedua lokasi di Ayutthaya dan di Songkhla.

Selain menyelenggarakan kedua festival tersebut, TAT juga turut mendukung perayaan Songkran yang diadakan di wilayah Thailand lainnya, termasuk:

- 8-17 April : 'The ICONIC Songkran Festival 2022' di ICONSIAM, Bangkok.

- 12-16 April : Nam Thip Pi Mai Muang Chiang Mai' di Chiang Mai

- 13-15 April : 'Water Festival’ oleh Thai Beverage Plc (ThaiBev) di 6 kota Thailand

- 22-24 April : Phra Pradeang Songkran Festival 2022 di Samut Prakan

Itulah ragam perayaan Songkran 2022 yang diselenggarakan dan didukung oleh TAT di era kenormalan baru. Jangan khawatir jika Anda melewatkan perayaan Songkran tahun ini, ada banyak festival seru yang juga bisa Anda nikmati saat berada di Thailand.

Yuk, mulai rencanakan kembali perjalanan Anda ke Thailand. Informasi lebih lengkap mengenai syarat bepergian ke Thailand saat pandemi dapat menghubungi Kedutaan Besar Thailand di Indonesia atau kunjungi Instagram/Twitter @wisatathailand.