Tempat Diving di Phuket dan Phi Phi Island

blog image

Phuket memiliki berbagai macam tempat menyelam yang mengesankan, dengan keberagaman bawah lautnya yang indah. Dengan banyak variasi ikan kecil, hiu paus, Pari Manta hingga pemandangan karang yang berwarna-warni dan n kapal karam dapat dijumpai di bawah laut Phuket. 

Kondisi Bawah Laut Phuket

Waktu terbaik : January - April

Suhu air : 27 - 29 Celcius

Visibilitas: 40m

Rentang Kedalaman : 5m - 40m

Kesulitan Menyelam : pemula hingga ahli


1. Phuket Shark Point

Salah satu situs menyelam terbaik di Phuket, dengan pemandangan yang mencakup karang lunak merah muda dan ungu yang indah, banyak spons barel, dan kehidupan laut yang berlimpah. Ini adalah situs yang sangat baik untuk bertemu dengan hiu macan tutul di dekat dasar berpasir, serta hiu bambu, ular laut dan kura-kura.

Detail spot menyelam Shark Point

Tingkat pengalaman : advanced divers

Kedalaman : 1 - 25m

Tipografi : karang lunak dan keras

Kehidupan Laut : Hiu macan tutul, hiu bambu, belut ular, pari berbintik biru, kuda laut, trevally, dan ikan barakuda.


2. Anemone Reef

Situs populer lainnya yang dapat dikunjungi trip harian adalah Anemone Reef sesuai Namanya tempat ini dipenuhi dengan karang anemone , Penyelam dapat melihat lionfish, belut moray,clownfish, dan hiu karang, serta beberapa makro yang menempel di substrat berbatu.

Detail spot menyelam Anemone Reef

Tingkat pengalaman : Semua tingakatan divers

Kedalaman : 25 - 35m

Tipografi : karang Anemon

Kehidupan Laut : Clownfish, kepiting porselen, nudibranch, ghost pipefish, kuda laut, dan udang Harlequin.


3. Racha Noi

Racha Noi berlokasi sekitar 25km selatan Phuket, merupakan spot menyelam yang menawarkan visibilitas yang sangat baik. Pulau ini menawarkan banyak teluk karang keras di sekitar garis pantainya, di bagian timur memiliki lebih banyak terumbu karang yang terletak di atas pasir putih yang landai, dengan terumbu di bagian barat lebih berbatu dan lebih landai.

Detail spot menyelam Racha Noi

Tingkat pengalaman : semua tingkatan. scuba diving dan snorkeling

Kedalaman : 1 - 60m

Tipografi : Karang Keras

Kehidupan Laut : Batu-batu besar, karang keras dan visibilitas yang sangat baik


4. Racha Yai

Racha Yai adalah pulau granit dengan air yang selalu jernih dan banyak teluk yang dangkal dan terlindungi di sekitar pulau .  Racha Yai adalah tempat yang sempurna untuk belajar scuba diving, dan untuk snorkeling. banyak terdapat karang staghorn termasuk titan triggerfish, belut moray, cumi-cumi, gurita, dan ikan buntal.

Detail spot menyelam Racha Yai

Tingkat pengalaman : semua tingkatan. scuba diving dan snorkeling

Kedalaman : 1 - 50m

Tipografi : Karang Keras

Kehidupan Laut : Belut ular marmer, ikan kotak piramida, ikan koboi duri, ikan pipa hantu ,ikan pipa bengkok, ikan daun kakatua, ikan batu, beberapa nudibranch dan ikan kodok & udang harlequin


5. King Cruiser Wreck

Tempat melihat bangkai kapal paling populer di Phuket, disini terdapat bangkai kapal feri setinggi 85m yang tenggelam pada tahun 1997 setelah menabrak karang. Dan Sekarang menjadi rumah bagi banyak spesies Laut Andaman.

Detail spot menyelam King Cruiser Wreck

Tingkat pengalaman : advanced divers

Kedalaman : 25 - 35m

Tipografi : Bangkai kapal yang ditutupin karang lunak

Kehidupan Laut : Makro laut dan ikan yang berkelompok 

6. Koh Doc Mai

Merupakan surga makro bawah laut terbaik di Phuket, menampilkan karang yang indah dan makhluk berwarna-warni yang berlimpah. Fotografer dapat menemukan kuda laut ekor harimau yang berwarna kuning, ikan pipa hantu dan udang harlequin, dan sejumlah besar nudibranch yang berbeda-beda.

Detail spot menyelam Koh Doc Mai

Tingkat pengalaman : advanced divers

Kedalaman : 25 - 30m

Tipografi : dinding dengan karang keras dan lunak

Kehidupan Laut : Makro - nudibranch, kuda laut, udang, Belut dan hiu bamboo 


7. Kata Beach

Pantai Kata merupakan tempat yang wajib untuk melakukan aktifitas menyelam. Dengan kondisi menyelam yang mudah dan perairan yang dangkal, tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk menuju Pantai Kata. Banyak karang dan hewan laut kecil yang indah di bawah laut pantai Kata.

Detail spot menyelam Kata Beach

Tingkat pengalaman : semua tingkatan.

Kedalaman : 1 - 12m

Tipografi : Karang Keras dan dasar yang berpasir

Kehidupan Laut : kuda laut, nudibranch, ghost pipefish, gurita, dan Sea Moth

8. Phi Phi Island

Phi Phi Island memiliki variasi tempat menyelam, menyelam Phi Phi cocok untuk semua orang mulai dari yang ingin belajar menyelam hingga untuk yang berpengalaman . banyak terdapat terumbu karang lunak terumbu karang keras, dan merupakan rumah bagi hiu black tip dan hiu macan tutul, penyu sisik.

Situs menyelam paling populer di Phi Phi

- Bida Nok dan Bida Nai

2 pulau kecil di selatan Phi Phi Le. Bida Nok sedikit lebih besar, tetapi keduanya memiliki kombinasi lingkungan makro, Ikan moray, cumi-cumi dan gurita.

- Turle Bay

Berlokasi di utara Maya Bay dan di sebelah barat Phi Phi Le. Memiliki Terumbu karang keras dan dengan karang lunak berwarna-warni yang indah, merupakan tempat yang terbaik untuk melihat penyu, hiu dan makro besar seperti nudibranch, ngengat laut, dan kuda laut.

- Palong Wall

Berjarak Hanya beberapa ratus meter di utara Turtle Bay, terdapat terumbu karang keras yang panjang, dan dengan karang lunak berwarna-warni yang menutupi bebatuan . Ini adalah tempat paling umum untuk melihat hiu karang ujung hitam, terutama di perairan dangkal teluk , juga bisa melihat Kura-kura dan cumi-cumi.

Detail spot menyelam Phi Phi Island

Tingkat pengalaman : semua tingkatan.

Kedalaman : 1 - 30m

Tipografi : Karang Keras dan karang lunak

Kehidupan Laut : Penyu, hiu karang ujung hitam, cumi-cumi, nudibranch, ngengat laut, dan kuda laut.