Thailand Peringkat ke-4 Sebagai Negara dengan Respons COVID-19 Terbaik

blog image

TAT, Jakarta - Thailand berada di peringkat ke-4 dari 98 negara di seluruh dunia sebagai negara dengan respons COVID-19 terbaik. Ini berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Institut Lowy, sebuah wadah pemikir akademis terkemuka yang berbasis di Australia. Peringkat tiga teratas adalah Selandia Baru, Vietnam, dan Taiwan.

Penilaian didasarkan pada respons masing-masing negara selama rentang 36 minggu dalam mengikuti kasus terkonfirmasi COVID-19 ke-100, menggunakan data hingga 9 Januari 2021. Kemudian dibuat penilaian rata-rata selama 14 hari berdasarkan enam indikator, meliputi: kasus terkonfirmasi, kematian yang dikonfirmasi, kasus yang dikonfirmasi per juta orang, kematian yang dikonfirmasi per juta orang, kasus yang dikonfirmasi dari tes, dan jumlah pengujian per seribu orang.

Pengakuan terbaru ini datang ketika Thailand terus berupaya mengendalikan COVID-19 gelombang kedua yang dimulai sejak 19 Desember 2020 lalu. Sebelumnya, Thailand pernah menduduki peringkat teratas sebagai negara tujuan teraman selama COVID-19 menurut perusahaan perjalanan di Jerman, Tourane dan European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC).