Thailand Perketat Pengendalian COVID-19 Untuk Mencegah Transmisi Lokal

blog image

TAT, Jakarta - Efektif mulai 4 Januari 2021 lalu, Centre for COVID-19 Situation Administration (CCSA) telah mendeklarasikan 28 provinsi sebagai "area sangat terkontrol" menyusul lonjakan penularan COVID-19 di masyarakat lokal. Wilayah tersebut meliputi Bangkok dan beberapa daerah berikut:

Pusat: Ang Thong, Ayutthaya, Lop Buri, Nakhon Nayok, Nakhon Pathom, Nonthaburi, Pathum Thani, Samut Prakan, Samut Sakhon, Samut Songkhram, Saraburi, Sing Buri dan Suphan Buri.

Barat: Kanchanaburi, Phetchaburi, Prachuap Khiri Khan, Ratchaburi, dan Tak.

Timur: Chachoengsao, Chanthaburi, Chon Buri, Prachin Buri, Rayong, Sa Kaeo dan Trat.

Selatan: Chumphon dan Ranong.

Gubernur Bangkok dan tiap provinsi akan memberlakukan tindakan pengendalian sesuai dengan tingkat risikonya. Namun secara umum, berikut pengetatan pembatasan yang diberlakukan di area yang telah disebutkan di atas:

1. Pembatasan jam operasional bisnis.

2. Sektor swasta didorong untuk mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah (WFH).

3. Penutupan tempat-tempat berisiko, termasuk bisnis hiburan dari semua jenis (pub, bar, atau karaoke).

4. Minuman beralkohol tidak dapat dikonsumsi di gerai makanan atau restoran, tetapi boleh dibawa pulang.

5. Gerai makanan dan restoran harus menerapkan aturan jarak sosial atau mempertimbangkan untuk hanya menyediakan layanan pengantaran atau dibawa pulang (take away).

6. Masyarakat disarankan untuk membatalkan atau menunda perjalanan antar provinsi saat ini, atau harus menjalani tindakan penyaringan ketat, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

7. Penutupan lembaga pendidikan di semua tingkatan. Pengecualian untuk pemanfaatan area pendidikan yang dibuat khusus kegiatan e-learning, tempat penampungan darurat, atau kegiatan pemerintah.

8. Larangan pada pertemuan apa pun yang dapat menimbulkan risiko penularan penyakit; seperti, pertemuan, seminar, jamuan makan, atau sumbangan makanan amal (kecuali diselenggarakan oleh pemerintah).

9. Pusat perbelanjaan, toko serba ada, mal, pusat konvensi atau ruang pameran, supermarket atau layanan serupa dapat buka sesuai jam operasional biasa dengan syarat harus menerapkan tindakan pengendalian penyakit yang ketat.

CCSA juga telah mengklasifikasikan 11 provinsi sebagai "area terkontrol", meliputi Chai Nat, Nakhon Sawan, Phetchabun dan Uthai Thani (wilayah Tengah); Kamphaeng Phet dan Sukhothai (wilayah Utara); Buri Ram, Chaiyaphum, dan Nakhon Ratchasima (wilayah Timur Laut); dan Phang Nga dan Surat Thani (wilayah Selatan). Sementara 38 provinsi lainnya diklasifikasikan sebagai daerah dengan pengawasan tinggi.